Bangkai Pesawat Pengintai Jepang dari PD II Ditemukan, Fisiknya yang Utuh Kini Jadi Wisata Sejarah Baru

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 12 406 1754785 bangkai-pesawat-pengintai-jepang-dari-pd-ii-ditemukan-fisiknya-yang-utuh-kini-jadi-wisata-sejarah-baru-PMlfCPQmNu.jpg Bangkai pesawat saat perang dunia II (Foto: Thedailymail)

TRAVELLING tidak hanya sekadar menghambur-hamburkan uang demi mendapatkan foto terbaik di depan sebuah landmark atau ikon paling populer di dunia. Ada banyak sekali pengalaman berharga yang bisa Anda petik dari kegiatan tersebut.

Mulai dari mengenal sejarah tempat-tempat tertentu, mempelajari kebudayaan lokal, atau bahkan menemukan sebuah benda bersejarah yang mungkin belum pernah terekspos sebelumnya.

Berbicara soal peninggalan bersejarah, baru-baru ini seorang wisatawan berhasil menemukan sebuah benda bersejarah saat mengunjungi sebuah pulau di Kepulauan Micronesia.

BACA JUGA:

MNC Play Dukung Ribuan Anak Kota Bandung Berkreasi di Fun Kids Festival‎ 2017

UNESCO Umumkan Situs Warisan Dunia Terbaru, Cocok Dijadikan Bucket List

Benda yang telah lama hilang ini diyakini sebagai pesawat pengintai jarak jauh milik Jepang dengan kode pesawat, Aichi E13A. Ia ditemukan di sebuah sungai dangkal di Kepulauan Palau yang notabene memiliki 500 pulau nan indah.

Berdasarkan sebuah foto yang sempat viral di berbagai media sosial, terlihat jelas beberapa bagian pesawat seperti sayap dan ekornya masih melekat erat pada kerangkanya.

Foto tersebut sempat menyita perhatian para netizen dari seluruh dunia. Salah satu netizen sempat mengungkapkan bahwa pemandangan yang dilihatnya tampak seperti “lokasi pengambilan film dan menyerupai bagian akhir pada sebuah novel”.

 

“Jika saya menjadi pilot pesawat itu dan meninggal di dalamnya, saya akan senang karena tempat peristirahat terakhir saya begitu indah dan tenang,” tambah seorang Netizen.

Seorang sejarahwan sekaligus pilot pesawat amfibi, Paul Bearer, membenarkan bahwa pesawat tersebut berasal dari Negeri Sakura Jepang dan digunakan pada Perang Dunia (PD) II.

“Ini adalah pesawat apung A13, namun telah kehilangan pelampung dan beberapa bagian lainnya. Pesawat ini benar-benar langka,” kata Paul saat diwawancarai MailOnline Travel.

Buntut dari penemuan pesawat tersebut berhasil menarik perhatian para wisatawan dunia untuk menyambangi Pulau Palau. Pulau Palau sendiri sebetulnya memang cukup populer di kalangan wisatawan. Lonely Planet bahkan mendeskripsikan bahwa pulau tersebut merupakan salah satu tempat yang memiliki pemandangan magis.

BACA JUGA:

Buruan Menginap di Hotel Es Swedia Sebelum Mencair Lho!

AJAIB, 2 Kucing Ini Doyan Hiking Sampai Menjelajah Sungai dengan Kano!

“Meski luas areanya tidak seluas pulau-pulau lainnya, Palau memiliki keajaiban alam yang sangat luar biasa. Tempat ini merupakan kepulauan kapur murni dan vulkanik yang diselimuti hutan zamrud, serta dikelilingi oleh laguna berwarna turquoise nan indah,” tulis Lonely Planet.

Sehingga tidak mengherankan jika aktivitas wisata yang paling diincar para wisatawan di tempat ini adalah diving dan snorkeling. Demikian dilansir dari Daily Mail, Sabtu (12/8/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini