Deretan Lokasi Berselancar Sekelas Internasional di Sekitar Pulau Sumatera, Salah Satunya Mentawai

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 406 1756159 deretan-lokasi-berselancar-sekelas-internasional-di-sekitar-pulau-sumatera-salah-satunya-mentawai-iHzw3OGoNJ.jpg Berselancar di Pantai Indonesia (Foto: Planetsurfing)

MEMILIKI banyak pantai-pantai yang indah membuat Indonesia menjadi lokasi yang tepat untuk berselancar, bahkan ombak-ombaknya yang dahsyat menyempurnakan kegiatan berselancar. Saking kerennya, beberapa pantai di Indonesia pernah jadi lokasi kompetisi selancar internasional, salah satunya Pantai Plengkung, Banyuwangi.

Beberapa faktor yang membuat pantai-pantai di Indonesia menjadi destinasi favorit ialah iklim tropis, kedahsyatan ombak, pemandangan alam dan masyarakatnya yang ramah.Tak hanya Banyuwangi saja, ternyata ada loh beberapa pantai yang menjadi lokasi selancar berkelas internasional, salah satunya di Sumatera.

1. Pantai Lagundri

Kesempurnaan pantai Lagundri yang cocok untuk berselancar sudah terkenal sejak 1993 di kalangan peselancar dunia. Gulungan ombak yang ada di pantai ini sangat memacu adrenalin para peselancar, lanskap pantai yang indah pun menambah pesona Pantai Lagundri. Lipatan gelombang yang dimiliki oleh pantai Lagundri kabarnya sekira 7 hingga 10 meter tingginya, dan hal itulah yang sangat diidolakan para peselancar dunia.

2. Kepulauan Mentawai

Masih berdekatan dengan Pulau Nias, Kepulauan Mentawai pun tidak kalah dahsyat ombaknya. Bahkan, oleh CNN Travel Pulau Sipora masuk dalam daftar 20 spot selancar terbaik di dunia. Walau sempat hancur karena terjangan tsunami pada 2010, Pulau Sipora dapat pulih kembali berkat usaha yang dilakukan oleh beberapa kalangan dari dalam maupun luar negeri yang salah satunya ialah Surf Aid Internasional.

3. Sungai Kampar

Riau memiliki satu lokasi untuk berselancar yang unik, jika sebagian besar selancar dilakukan di pantai, maka di Riau berselancar justru dilakukan di sebuah sungai. Ya, sungai Kampar namanya. Tidak seperti pada sungai kebanyakan, Sungai Kampar memiliki ketinggian ombak hingga 5 meter. Fenomena ombak yang ada di Sungai Kampar tersebut dikenal dengan nama Ombak Bono. Namun, peselancar harus berhati-hati karena masih terdapat buaya muara.

4. Pantai Tanjung Setia

Uniknya, pantai ini lebih terkenal di kalangan wisatawan mancanegara dibandingkan dengan masyarakat lokal. Pasalnya, ombak yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Setia mencapai tujuh meter dengan panjang membentang hingga 200 meter dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. (ren)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini