Tak Hanya Kereta, Naik KRL di Hari Kemerdekaan RI Juga Gratis!!!

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 406 1756295 tak-hanya-kereta-naik-krl-di-hari-kemerdekaan-ri-juga-gratis-EPKzuvvtFY.jpg Ilustrasi KRL (foto: Okezone)

MEMPERINGATI HUT Ke-72 Republik Indonesia 17 Agustus 2017 ini, masyarakat dapat kembali menggunakan layanan Kereta Rel Listrik (KRL) dengan cuma-cuma alias gratis. Ini merupakan kali kedua masyarakat dapat menikmati naik KRL gratis.

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai operator layanan KRL Jabodetabek akan memberikan layanan KRL Gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk perjalanan KRL.

(Baca Juga: Hore! KAI Gratiskan Tiket Kereta di Hari Kemerdekaan RI Ke-72)

Layanan KRL gratis dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada 17 Agustus 2017, mulai keberangkatan KRL pertama hingga KRL terakhir tiba di tempat tujuan. Layanan ini juga berlaku untuk seluruh relasi KRL.

(foto: Okezone)

Dalam menggunakan layanan KRL gratis, masyarakat perlu memperhatikan sejumlah ketentuan terutama terkait tiket elektronik KRL Jabodetabek. Masyarakat yang memiliki KMT maupun THB harus melakukan tap in dan tap out dengan sempurna di stasiun. Bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) ketentuan saldo minimum Rp 13.000,- tetap berlaku.

(Baca Juga: Wadaw! di Skotlandia Ada Rumah "Goyang" Terbesar di Dunia)

Khusus para pengguna yang memilih menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000,- . Pembelian maupun pengisian relasi tidak dikenakan biaya, sementara uang jaminan juga akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna saat mengembalikan kartu THB.

Bagi pengguna yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek, juga akan dikenakan penalti dan suplisi seperti biasa. "Kami mengajak masyarakat untuk ikut menikmati layanan KRL Gratis ini, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang ada serta ikut menjaga ketertiban serta kenyamanan bersama di dalam KRL maupun stasiun," imbau Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ, Subakir.

(foto: Okezone)

Selain KRL Gratis, PT KCJ juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya dalam memeriahkan HUT ke-72 RI. Sejak pekan lalu PT KCJ menggelar lomba fotografi melalui Instagram dengan objek foto KRL dan Stasiun Tanjung Priok, sebagai salah satu Stasiun dengan nilai sejarah yang tinggi.

(Baca Juga: Widih! 10 Tahun Lagi Pesawat Bisa Terbang Tanpa Pilot!)

Puncaknya pada 17 Agustus 2017 PT KCJ akan menggelar sejumlah kegiatan bersama komunitas pengguna KRL di Stasiun Tanjung Priok antara lain cosplay kostum perjuangan, permainan khas 17-an, serta berbagai hiburan.

Mereka yang mengikuti berbagai kegiatan tersebut memiliki kesempatan untuk membawa pulang sejumlah hadiah menarik. Berbagai layanan khusus dan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya PT KCJ untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada moda transportasi kereta, khususnya KRL.

"Karena itu kami mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk memanfaatkan program - program ini dengan bepergian bersama keluarga menggunakan KRL pada 17 Agustus 2017 mendatang," tegasnya.

(Baca Juga: Sederet Aplikasi Canggih Selama Travelling, yang Paling Keren Bisa Temukan Wi-Fi Gratis Lho!)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini