Lihat Uniknya Bangunan Gereja St. Antonius Padua Sasi di NTT yang Didanai Alessandro del Piero

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 406 1757129 lihat-uniknya-bangunan-gereja-st-antonius-padua-sasi-di-ntt-yang-didanai-alessandro-del-piero-ggxycJM7GE.jpg Gereja St Antonius Padua Sasi (Foto: Instagram)

SIAPA tak kenal nama besar Alessandro del Piero, legenda hidup klub Juventus dan mantan pemain Tim Nasional Italia. Rupanya Del Piero dan Nusa Tenggara Timur memiliki hubungan yang tak banyak diketahui orang.

Sebuah gereja ikonik di Kota Kefamenanu, St. Antonius Padua Sasi dibangun dengan danau bantuan dari Del Piero. Gereja yang dibuat dari batu alam Timor ini terletak di Jalan El Tari Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Mantan pemain sebakbola hebat ini memang belum pernah mengunjungi Gereja Sasi secara langsung. Namun sebuah lonceng di gereja ini ditandatangani oleh Del Piero sebagai perwakilan dan keterlibatan dirinya dalam pembangunan gereja ini.

Del Piero sendiri merupakan keponakan dari Pastor Antonio Razzoli yang melayani di Gereja St. Antonius Padua Sasi ini. Tak heran jika Del Piero kemudian terlibat membangun rumah ibadah bagi warga yang beragama Katolik di Timor Tengah Utara.

Jika dilihat sekilas, bangunan St. Antonius Padua Sasi ini memang tidak seperti gereja yang ada di NTT pada umumnya. Desainnya cukup unik, dengan bentuk bangunan seperti setengah lingkaran.

Namun Anda akan dengan cepat menyadarinya sebagai sebuah gereja jika melihat tanda salib besar yang ada di atap gereja dan beberapa di depan gereja.

Gereja Sasi dibangun setinggi 7 meter dengan batuan alam yang berasal dari Timor Tengah Utara. Batu alam ini bisa Anda lihat dari struktur dindingnya dan jalan setapak menuju ke pintu utama. Bahan lain seperti kayu berkualitas terbaik juga digunakan sebagai material bangunan ini.

Begitu tiba di dalamnya, Anda akan melihat jejeran kursi kayu yang ditata sedemikian rupa hingga melingkar dengan pusat di bagian depan.

Dindingnya dihiasi dengan kain tenun berwarna-warni. Memberikan suasana khas Flores yang tak didapatkan di tempat lain.

Kain-kain tenun yang indah itu juga turut membalut tiang dan dinding dengan bentuk sedemikian rupa.

Pembangunan Gereja St. Antonius Padua Sasi dilakukan selama 3 tahun sejak 2003. Gereja ini baru diberkati pada 16 Juni 2006.

Jika Anda berkunjung ke Timor Tengah Utara, jangan melewatkan singgah ke gereja ini untuk sekadar berfoto. Karena bangunannya yang unik, Gereja St. Antonius Padua Sasi juga kerap digunakan sebagai lokasi pre-wedding.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini