HARI MERDEKA: Kapal Telok Abang, Mainan Khas Palembang yang Ada Hanya saat HUT RI

Melly Puspita, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 17 406 1757608 hari-merdeka-kapal-telok-abang-mainan-khas-palembang-yang-ada-hanya-saat-hut-ri-Z4IV5hSXbD.jpg Mainan telok abang ada hanya saat HUT RI (Foto: Melly Puspita/Okezone)

MOMEN 17 Agustusan atau Hari Kemerdekaan menjadi salah satu peristiwa yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Indonesia. Bukan hanya perayaannya, momentum ini juga di manfaatkan para pedagang untuk meraup rejeki dengan berjualan makanan atau mainan yang hanya dijual pada bulan Agustus saja.

Seperti yang dilakukan oleh pedagang kaki lima di jalan Merdeka depan Kantor Wali Kota Palembang. Mereka menjajakan dagangan berupa mainan kapal-kapalan yang terbuat dari kardus dan ditaruh telur rebus berwarna merah di dalamnya.

(Foto: Melly Puspita/Okezone)

Tak ketinggalan, kapal ini juga dibuat ornamen yang menarik seperti diberi warna merah putih ataupun warna batik. Harga yang dipatokpun bervariasi, mulai dari Rp15 ribu hingga Rp30 ribu saja.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Mau Ikut Lomba Tarik Tambang? Perhatikan Risiko Kesehatan Ini Dahulu Ya!)

Dulunya, kapal-kapalan ini bukan terbuat dari kardus bekas, tetapi dari Styrofoam. Sebenarnya tradisi mainan telok abang di Palembang sudah dimulai dari sebelum Bangsa Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya.

Tradisi telok abang di Palembang dulunya merupakan tradisi yang dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun ratu Belanda Wilhelmina II pada saat Indonesia dalam masa kolonialisme.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Seru! Pasien Gangguan Kejiwaan Ikuti Lomba Agustusan)

Namun tradisi telok abang menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat Kota Palembang untuk memperingati kemerdekaan Bangsa Indonesia Telok abang merupakan telur rebus yang diberi warna merah.

Dahulu bahan yang digunakan untuk telok abang merupakan telur bebek, namun semakin hari telur ayam lebih banyak digunakan untuk bahan pembuatan telok abang. Pewarna yang digunakan untuk pembuatan telok abang merupakan pewarna makanan yang berwarna merah atau di dalam bahasa Palembang biasa disebut abang kue.