Tidak Semudah yang Dipikirkan, 4 Hal Wajib Diperhatikan saat Mendaki Gunung

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758126 tidak-semudah-yang-dipikirkan-4-hal-wajib-diperhatikan-saat-mendaki-gunung-nu9AsRIPVt.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MENDAKI gunung merupakan hobi yang banyak disenangi orang. Kecintaan pada alam kadang menjadi alasan mengapa orang senang mendaki gunung. Tapi, ada juga orang yang mendaki gunung karena "ikut-ikutan".

Padahal, mendaki gunung tidak semudah yang dipikirkan. Melalui sebuah film dokumenter berjudul Negeri Dongeng yang digagas oleh Aksa 7, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendaki gunung.

(Foto: Tiara/Okezone)

Okezone berkesempatan mengetahui hal-hal tersebut melalui special screening film di kawasan Kuningan, Kamis 17 Agustus 2017. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendaki gunung:

1. Seorang pendaki harus punya wawasan luas

Untuk berhasil mencapai puncak gunung, tentunya diperlukan pengetahuan mendetail mengenai rute dan kondisi jalur yang akan ditempuh. Maka dari itu, sebelum menuju puncak, seorang pendaki harus mempelajari terlebih dahulu medan yang akan ditempuh. Selain itu, pendaki juga harus memiliki pengetahuan mengenai langkah-langkah keselamatan.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Karena bisa saja pada saat pendakian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tergelincir atau digigit hewan. Jalur pendakian biasanya adalah hutan belantara yang merupakan tempat tinggal hewan.

2. Peduli terhadap teman

Saat mendaki gunung, biasanya orang akan cenderung pergi bersama kelompok atau teman-temannya. Tidak selamanya perjalanan mendaki berlangsung mulus. Bisa saja ada teman yang sakit, terjatuh, atau masalah lainnya. Di saat inilah seorang pendaki dituntut untuk memiliki kepedulian terhadap teman mendakinya.

(Baca Juga: HOAX, Kabar Viral Anak Lumpuh Akibat Vaksin MR, Menkes: Jangan Besarkan Masalah Ini!)

Dia tidak boleh mementingkan egonya sendiri untuk mencapai puncak. Dia harus melihat kondisi apakah temannya sanggup melanjutkan perjalanan atau tidak. Begitu juga apabila ada teman kesulitan untuk melewati suatu medan, teman yang lain harus siap untuk membantunya.

3. Harus bisa memecahkan masalah bersama

Ketika suatu kelompok melakukan pendakian bersama, penting bagi mereka memiliki sikap keterbukaan. Mereka harus mengungkapkan apapun yang ada di pikirannya sehingga jikalau ada masalah bisa dipecahkan secara bersama-sama. Hal paling utama yang harus diperhatikan ketika mendaki secara bersama-sama adalah adanya kerja sama dan sifat gotong royong.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Misalnya saja ketika ada teman yang terluka dan sulit untuk melanjutkan perjalanan. Teman yang lain bisa mengobatinya dan sambil menunggu proses pemulihan, anggota yang lain bisa membantu untuk memapah teman yang terluka.

4. Sadar akan kapasitas diri

Dalam sebuah pendakian, kondisi tubuh tidak ada yang bisa menebak. Jika di tengah jalan tiba-tiba kondisi seorang pendaki drop dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, ada baiknya dia tidak memaksakan diri. Sebab, jika dia tetap ingin mendaki, yang ada malah menyusahkan dirinya sendiri dan teman perjalanannya.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Hal itu tentunya akan menghambat waktu pendakian. Di sinilah sekali lagi seorang pendaki tidak boleh memaksakan egonya. Dia juga harus memerhatikan kepentingan teman perjalanannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini