Wajar Terjadi saat Terbang, Penumpang Tak Perlu Takut dengan Turbulensi

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758193 wajar-terjadi-saat-terbang-penumpang-tak-perlu-takut-dengan-turbulensi-rIneHKjTUQ.jpg Ilustrasi Pesawat (foto: Shutterstock)

KETIKA Anda sering berpergian ke suatu tempat menggunakan pesawat terbang, mungkin Anda tidak asing dengan istilah turbulensi. Turbulensi adalah guncangan yang timbul pada pesawat ketika melewati suatu daerah atau ketinggian tertentu.

Nah, turbelensi memang hal yang wajar terjadi, tapi tak dipungkiri mengganggu kenyamanan penumpang. Ada beberapa jenis turbulensi antara lain turbelensi pesawat yang terjadi karena perbedaan tekanan udara, turbelensi yang terjadi karena perbedaan medan, dan turbulensi konvektif yang terjadi karena adanya gangguan pada awan.

(Baca Juga: SHARE LOC: Ngobaran, Pantai di Yogyakarta dengan Sentuhan Nuansa Bali)

Saat terjadi turbulensi, barang-barang di kabin pesawat seperti minuman, barang elektronik, dan barang bawaan penumpang bisa saja terjatuh. Selain itu, tidak sedikit penumpang yang merasa panik ketika guncangan hebat terjadi karena memikirkan hal yang tidak-tidak.

(foto: Shutterstock)

Namun pada kenyataannya, turbulensi hanya membuat pesawat bergeser sedikit dari porosnya dan masih bisa diatasi oleh pilot. “Pesawat tidak jatuh bebas. Malah dalam turbulensi yang tergolong kuat, pesawat tidak bergerak dari ketinggian atau posisinya,” ungkap seorang pilot dari salah satu maskapai internasional, Patrick Smith seperti dikutip Thewashingtonpost, Jumat (18/8/2017).

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Kisah Kalisosok, Penjara Bawah Tanah yang Kejam di Surabaya)

Menurutnya, seorang pilot akan berkonsultasi dengan banyak sumber informasi untuk mengatasi turbulensi. Sebelum terbang, biasanya pilot akan menerima prakiraan cuaca serta laporan dari pilot lain dan pengendali lalu lintas udara.

Berdasarkan data yang didapatkan, pilot bisa menentukan ketinggian yang harus dihindari agar kemungkinan turbulensi lebih kecil. Terlebih saat ini pesawat baru sudah semakin canggih jadi bisa mendeteksi turbelensi dengan lebih cepat. Kini pesawat dilengkapi dengan gawai sehingga lebih membantu pilot yang sebelumnya hanya bergantung pada komunikasi suara dan petugas pengendali lalu lintas.

(Baca Juga: Liburan Bareng Keluarga di Tempat Kekinian Bandung, Banyak Spot Foto Ciamik)

(foto: lifeasabutterfly)

Agar penumpang tidak terlalu merasakan guncangan, mereka bisa memilih tempat duduk di tengah pesawat, dekat dengan sayap, dan pusat gravitasi. Hindarilah bagian belakang pesawat karena guncangan lebih berasa di bagian itu saat turbulensi terjadi.

(Baca Juga: Rindu Travelling Menantang, Medina Kamil Penasaran Jelajahi Mentawai)

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memakai sabuk pengaman. Pastikan sabuk pengaman sudah terpasang dengan kencang supaya tetap aman. Simpanlah barang elektronik seperti laptop dan ponsel serta minuman ringan agar tidak terjatuh.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini