Ya Ampun! Diduga Gara-Gara Selfie Bayi Lumba-Lumba Mati

Tentry Yudvi, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758422 ya-ampun-diduga-gara-gara-selfie-bayi-lumba-luma-mati-2X1GfL4b7R.jpg Bayi Lumba-Lumba (foto: Sean MacEntee/Flickr)

TREN selfie dengan binatang kini memang tengah marak dilakukan wisatawan dunia. Demi menambah koleksi foto bagus mereka bahkan rela "membunuh" seekor binatang menggemaskan, yakni lumba-lumba.

Kejadian seperti ini pun terjadi di Spanyol, ketika sekelompok turis berfoto dengan bayi lumba-lumba. Setelah digunakan untuk berfoto, bayi lumba-lumba tersebut kemudian mati.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Bayi lumba-lumba itu ditemukan di tepi pantai yang sedang penuh dengan turis. Perlahan, turis kemudian menjadikan bayi lumba-lumba sebagai objek foto bahkan mereka menyentuh bayi lumba-lumba tersebut. Sungguh menyedihkan!

Berdasarkan lembaga sosial binatang Spanyol, banyaknya turis yang ber-selfie dengan bayi lumba-lumba diduga menjadi penyebab utama kematian. Apalagi Lumba-lumba merupakan mamalia yang sensitif terhadap sentuhan bahkan bisingan suara manusia.

(Baca Juga: SHARE LOC: Ngobaran, Pantai di Yogyakarta dengan Sentuhan Nuansa Bali)

"Kericuhan datang ke mereka kemudian mereka menyentuh dan mengabadikan gambar (selfie). Ini menyebabkan lumba-lumba kaget dan mengalami kerusakan tubuh dan kemudian mati," jelas Equinac salah satu lembaga sosial di halaman Facebook sebagaimana dilansir dari Travelpulse.

Lumba-lumba merupakan mamalia yang mudah mengalami stres dan mudah mati dengan cepat. Oleh karena itu, turis harus lebih berhati-hati dan menghargai.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Kisah Kalisosok, Penjara Bawah Tanah yang Kejam di Surabaya)

"Jika Anda mendedikasikan diri dengan berfoto dan menyentuh. Binatang tersebut akan kaget dan mengalami stres," tegasnya.

Kejadian ini bukanlah pertama kali, sebelumnya turis di San Bernardo, Argentina dikritik sebagai dalam kematian bayi lumba-lumba dan membiarkan ikan tersebut hanyut ke dalam air.

Dengan kejadian seperti ini diharapkan sekali, para wisatawan bisa bertindak lebih cerdas dan bijak jika ingin berfoto dengan hewan. Terutama lumba-lumba, karena gelombang supersonik mereka bisa rusak karena sentuhan manusia.

(Baca Juga: Wajar Terjadi saat Terbang, Penumpang Tak Perlu Takut dengan Turbulensi)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini