UNCOVER INDONESIA: Eksplor Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Lumajang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758468 uncover-indonesia-eksplor-keindahan-air-terjun-tumpak-sewu-serpihan-surga-di-lumajang-YNE7lejk9g.jpg Air Terjun Tumpak Sewu (Foto: Instagram)

KALIMAT "Serpihan surga itu memang ada" yang ditulis di papan pada pintu masuk Air Terjun Tumpak Sewu tampaknya memang tepat. Sebab spot wisata ini memang tujuan yang indah.

Air Terjun Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Air terjun yang juga dikenal dengan nama Coban Sewu ini dianggap sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia.

Bagaimana tidak, jika umumnya Anda hanya menemukan dua atau tiga mata air pada air terjun, di Air Terjun Tumpak Sewu Anda akan menyaksikan air yang mengalir dari beberapa sumber mata air. Pancuran air itu membentuk seperti ditumpuk-tumpuk, sehingga disebutlah Tumpak Sewu.

Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari

Air-air tersebut memancar dan turun dari tebing dengan ketinggian mencapai 120 meter. Dengan ketinggian tersebut dan mata air yang banyak, Air Terjun Tumpak Sewu terlihat seperti tirai putih raksasa yang menutupi tebing batu. Keindahan inilah yang membuat Tumpak Sewu selalu dikunjungi wisatawan, baik dari Lumajang sendiri maupun Malang dan kota-kota lainnya.

Meski letak secara administrasi ada di Lumajang, Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara Kecamatan Pronojiwo di Lumajang dan Kecamatan Ampelgading di Malang.

Air terjun ini berada di aliran Sungai Glidih. Untuk menuju obyek wisata ini, Anda bisa menggunakan jalur lewat Malang. Perjalanan dapat ditempuh selama 2 jam 30 menit dari Malang dengan melintasi Dampit, Tirtomoyo, hingga Pronojiwo di perbatasan Malang dan Lumajang.

Baca Juga: Wow, Vietnam Punya Pagoda yang Berdiri di Atas Kolam Teratai

Sebelum memulai perjalanan, Anda harus memastikan sedang dalam kondisi fit. Sebab medan yang akan dilalui cukup terjal dan membutuhkan tenaga.

Dari pintu masuk, Anda harus melewati tangga berundak sepanjang 800 meter. Kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, sebab tangga yang akan dilewati sangat curam.

Setelah melewati tangga berundak, Anda akan sampai ke Gua Tetes yang berada di ujung tangga. Tak ada salahnya berhenti sebentar di gua ini sebelum melanjutkan perjalanan ke dasar bukit. Gua Tetes juga merupakan destinasi wisata yang populer di Lumajang, bahkan namanya lebih dulu populer dibandingkan Air Terjun Tumpak Sewu itu sendiri.

Baca Juga: Wajar Terjadi saat Terbang, Penumpang Tak Perlu Takut dengan Turbulensi

Setelah tubuh sudah siap menjelajah kembali, Anda harus turun menggunakan tali melewati tebing yang curam untuk dapat melihat air terjun dari bawah. Kemudian lewati tepian Sungai Glidih hingg 200meter jauhnya. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang kuat dan tidak merepotkan untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu yang bermedan curam. Dengan membayar Rp5 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan serpihan surga di Lumajang itu.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini