Keren! Pemandangan Blue Mosque Tampak Lebih Indah Usai Terbenamnya Matahari

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 19 Agustus 2017 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758617 keren-pemandangan-blue-mosque-tampak-lebih-indah-usai-terbenamnya-matahari-TFSpqhQUE8.jpg Masjid Biru atau Blue Mosque, Istanbul, Turki (foto: hiconsumption)

IKON Kota Istanbul,Turki ini selalu menarik minat jutaan wisatawan untuk mengunjunginya. Blue Mosque atau masjid biru terkenal dengan kemegahan eksterior dan interiornya.

Sebuah destinasi yang wajib dikunjungi bila anda berkunjung ke Istanbul. Mengunjungi masjid biru Istanbul tidaklah sulit. Masjid ini bisa dicapai dengan naik metro atau taksi dari bandara internasional Attaturk. Atau kalau anda habis berbelanja di Grand Bazaar, masjid ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10 menit.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Terkenal dengan sebutan Blue Mosque, sebenarnya nama resmi masjid ini adalah Sultan Ahmet Mosque, merujuk kepada nama sultan yang memerintahkan pembangunan masjid pada awal abad ke 17.

Alasan kenapa disebut sebagai masjid biru ialah karena interior masjid ini sempat didominasi warna biru, meski kini interiornya sudah diganti sehingga tak berwarna biru lagi. Namun bila anda perhatikan dari luar akan terlihat warna masjid yang kebiruan terutama di bagian kubah.

(Baca Juga: Shiprock, Sisi Misterius nan Menawan di Meksiko)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Termasuk salah satu masjid berkukuran besar di zamannya, Blue Mosque memiliki gaya arsitektur yang megah campuran gaya Bizantium dan arsitektur Islam. Ciri khas masjid ini adalah adanya kubah bertingkat yang terdiri dari 5 kubah utama, 8 kubah sekunder dan 6 menara.

Kubah sering terlihat kebiruan menciptakan pemandangan yang cantik di langit kota Istanbul. Selain memiliki halaman yang luas di depan, Blue Mosque juga memiliki halaman dalam yang luas. Interior masjid sendiri tak kalah indah dari eksteriornya.

(Baca Juga: Ayo Cepat ke Inggris, Bisa Lihat Dinosaurus hingga Main di Kampung Alice!)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Lantai masjid dihias dengan 20.000 keramik bergaya Iznik dan dilapisi dengan karpet merah. Bagian atap dan dinding dihias dengan kaligrafi berupa petikan ayat Alquran. Jendela- jendela kaca patri membuat interior masjid terasa semakin agung. Sementara itu kehadiran chandelier menambah kecantikan masjid ini.

Terletak di bagian kota lama Istanbul, Blue Mosque bisa dikunjungi siapa saja. Turis muslim tentunya dipersilakan untuk melaksanakan ibadah salat di sini. Bila Anda datang saat matahari tenggelam, Anda akan berkesempatan melihat keindahan masjid yang ditaburi warna keemasan matahari. Sungguh indah.

Di luar masjid ada taman cantik untuk beristirahat dan bersantai. Taman ini mengarah ke salah satu ikon turisme Istanbul lainnya yaitu museum Hagia Sofia. Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit dari Blue Mosque untuk menuju Hagia Sofia.

(Baca Juga: Ya Ampun! Diduga Gara-Gara Selfie Bayi Lumba-Luma Mati)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini