Tran Quoc, Pagoda Merah Tertua di Hanoi

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 406 1758753 tran-quoc-pagoda-merah-tertua-di-hanoi-FTXu3eVGOl.jpg Pagoda Tran Quoc, Vietnam (foto: Instagram/@mishazahoor)

KAYA akan peninggalan budaya Tiongkok, Hanoi memiliki lebih dari seribu pagoda. Salah satunya pagoda Tran Quoc yang merupakan pagoda tertua di kota Hanoi. Meski telah berusia lebih dari 1500 tahun namun pagoda ini sangat terawat dan cantik dengan warna merah kuning khasnya.

Berada di sebelah timur kawasan west lake atau Tay Ho yang merupakan danau terbesar di Hanoi, pagoda Tran Quoc mudah dikenali oleh siapapun yang melintas di jalan sekitar. Bangunannya mencolok dengan warna merah bata dan terletak persis di pinggir danau menciptakan landscape yang cantik bagi kota Hanoi terutama saat matahari tenggelam.

(Baca Juga: Ayo Cepat ke Inggris, Bisa Lihat Dinosaurus hingga Main di Kampung Alice!)

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Pagoda Tran Quoc memiliki gaya arsitektur yang kental dengan nuansa Tiongkok. Bangunannya tampak indah menjulang dengan perpaduan warna merah bata pada pagoda dan kuning pada kuil - kuilnya. Perpaduan komplek pagoda dan danau di sebelahnya memberi nuansa indah yang menenangkan bagi landscape kota Hanoi.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Sebenarnya pagoda ini terletak di atas sebuah pulau kecil di pinggir danau. Pagoda Tran Quoc terdiri dari komplek kuil dengan pagoda setinggi 15 meter sebagai ikon situs wisata ini. Kuil - kuil ini merupakan tempat berdoa juga sebagai museum yang menyimpan banyak relik bersejarah.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Pagodanya sendiri terdiri dari 11 lantai dimana setiap lantai dihias dengan patung Buddha yang duduk di atas bunga teratai yang bermakna kemurnian dan pencerahan.

Pagoda Tran Quoc dibangun pada abad ke-6 semasa pemerintahan kaisar Ly Nam De. Pagoda ini telah mengalami pergantian nama beberapa kali hingga akhirnya dinamai Tan Quoc yang bertahan hingga saat ini. Nama Tan Quoc berarti melindungi negara.

(Baca Juga: Pekerjaan Teraneh di Dunia, Salah Satunya Mendorong Penumpang Masuk ke Kereta)

Pada zaman dahulu, pagoda ini menjadi tempat ibadah favorit para kaisar dan keluarga bangsawan Vietnam terutama saat tahun baru, bulan purnama dan festival.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Kini pagoda Tran Quoc menjadi salah satu destinasi wisata para turis yang berkunjung ke Hanoi. Warga lokal juga terlihat sering mendatangi pagoda ini untuk berdoa. Selain itu karena lokasinya yang terletak di tengah kota membuat warga tertarik berkunjung sebentar di pagoda ini di sela - sela kegiatan olahraga sore.

Satu hal yang menarik para pengunjung adalah kehadiran pohon Bodhi di komplek ini. Pohon ini diambil dari pohon Bodh Gaya di India yang mana merupakan tempat Siddharta Gautama bermeditasi dan memperoleh pencerahan. Bagian pohon diberikan oleh presiden India pada saat berkunjung ke Vietnam pada tahun 1959.

(Baca Juga: SHARE LOC: Ngobaran, Pantai di Yogyakarta dengan Sentuhan Nuansa Bali)

Pagoda Tran Quoc buka dari jam 7.30 pagi hingga 6 petang. Tidak dipungut biaya untuk mengunjungi pagoda namun para pengunjung mesti berpakaian sopan. Bila anda pecinta budaya dan sejarah, tentu sayang bila tak mengunjungi pagoda cantik ini saat berkunjung ke Hanoi.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini