Gerhana Matahari Siap Menggelap Gulitakan Sebagian Langit Amerika Hari Ini!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 406 1759756 gerhana-matahari-siap-menggelap-gulitakan-sebagian-langit-amerika-hari-ini-9K96m7RHjA.jpg Gerhana Matahari di Jeffersson City, Missouri (foto: Jefferson City Convention and Visitors Bureau)

GERHANA matahari merupakan salah satu fenomena alam yang selalu dinanti-nanti masyarakat bumi. Setiap orang akan keluar rumah dan menyaksikan bersama-sama fenomena yang jarang terjadi itu. Masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia sangat antusias untuk menyaksikan.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari dan menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari yang dipancarkan ke bumi, sehingga keadaan bumi akan gelap gulita selama beberapa waktu walaupun dalam kondisi siang hari.

(Baca Juga: Tran Quoc, Pagoda Merah Tertua di Hanoi)

Gelapnya bumi inilah yang menarik perhatian khalayak. Selain dapat menambah wawasan, fenomena gerhana matahari jadi peristiwa unik yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam fenomena gerhana matahari, bulan yang memiliki ukuran lebih kecil dari matahari mampu menutupi cahaya matahari yang seharusnya sampai ke bumi, karena bulan berada lebih dekat dengan bumi. Selain itu, pada fenomena gerhana matahari ini, matahari, bulan dan bumooi berada dalam satu garis lurus yang sama.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Gerhana matahari akan terjadi pada hari ini, 21 Agustus 2017 di seluruh Amerika Utara. Bagian utara dari negeri Paman Sam tersebut akan disuguhi pemandangan gerhana matahari mulai pada pukul 12 siang melalui program yang diselenggarakan NASA.

Pertunjukan ini akan mencakup jalur totalitas gerhana yang akan terjadi di seluruh Amerika Serikat, dari Oregon sampai Karolina Selatan, dikutip dari laman resmi NASA, Senin (21/8/2017).

(Baca Juga: Pekerjaan Teraneh di Dunia, Salah Satunya Mendorong Penumpang Masuk ke Kereta)

Pemirsa di seluruh Amerika akan diberi banyak gambar penampakan gerhana yang diambil sebelum, selama dan setelah gerhana oleh 11 buah pesawat ruang angkasa. Setidaknya ada tiga buah pesawat NASA, lebih dari 50 balon yang terbang cukup tinggi dan semakin sempurna dengan adanya laporan dari astronot yang ada dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional, masing-masing menawarkan sebuah titik pandang yang unik.

Gerhana matahari yang terjadi ini akan berlangsung selama 100 menit atau satu jam lebih 40 menit. Sebanyak 14 negara bagian di Amerika Serikat akan mengalami lebih dari dua menit kondisi langit yang gelap gulita di tengah hari.

(Baca Juga: Ayo Cepat ke Inggris, Bisa Lihat Dinosaurus hingga Main di Kampung Alice!)

Selain itu, sebagian gerhana juga dapat dilihat dari dataran tinggi dan pantai sambil mempelajari interaksi antara matahari, bumi dan bulan, kemudian para ilmuwan juga dapat melakukan observasi berbasis darat dan udara selama satu setengah jam untuk melengkapi kekayaan data dan gambar yang disediakan oleh asset ruang angkasa.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini