Liburan ke Thailand Enggak Boleh Bawa Rokok Elektrik, Sanksinya Jutaan Rupiah!

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 406 1760065 liburan-ke-thailand-enggak-boleh-bawa-rokok-elektrik-sanksinya-jutaan-rupiah-a98gaTVmU4.jpg The Grand Palace Bangkok, Thailand (foto:Travel Mania/Shutterstock)

INGIN liburan ke Thailand dalam waktu dekat? Sebaiknya jangan bawa rokok elektrik ya, karena itu merupakan hal terlarang. Bahkan, agen-agen perjalanan yang memiliki layanan destinasi kesana sudah memperingatkan wisatawan untuk tidak membawa rokok elektrik saat berkunjung ke negeri gajah putih.

Dilansir Travelweekly, Manajer Langley Travel, Pat Waterton, baru saja mengetahui kalau otoritas Thailand melarang penggunaan dan kepemilikan rokok elektrik.

(Baca Juga: SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho)

Ia baru mengetahui aturan tersebut setelah ditelfon adiknya mengenai keponakannya yang ditahan setelah kedapatan memiliki rokok elektrik. Keponakan yang disebut bernama James itu diancam kurungan penjara hingga 10 tahun. Namun, ia dibebaskan setelah membayar dendan 125 pound atau sekitar Rp2,1 juta.

(foto: Thehealthsite)

“Saya ditelefon kakak saya yang mengatakan James ditangkap gara-gara rokok elektrik. Dia sempat akan ditahan,namun bebas karena denda. Sepuluh tahun adalah masa tahanan yang terlampau lama hanya karena rokok elektrik,” ungkap Pat.

(Baca Juga: Yuk Belajar Sejarah Jawa di Museum Terbaik Indonesia)

Imbauan untuk tidak membawa rokok elektrik juga ada di laman resmi Kementerian Luar Negeri Inggris. Di laman tersebut rokok elektrik dikategorikan sebagai barang yang akan disita. Pemilik barang akan didenda atau ditahan hingga 10 tahun kalau terbukti bersalah.

“Sekarang, kalau saya menjual paket wisata ke Thailand, larangan tentang rokok elektrik akan menjadi hal utama untuk disampaikan pada klien,” tegas Pat.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Mengulik Korowai, Suku Kanibal di Papua yang Jadi Sorotan Dunia)

Dilansir Independent.co.uk, otoritas Thailand sudah menetapkan larangan impor rokok elektrik sejak November 2014. Aturan itu meluas hingga ekspor atau penjualan rokok elektrik.

Larangan rokok elektronik atau yang populer disebut vape di Thailand telah diberlakukan sejak Oktober 2014. Namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Sejauh ini, baru Imigrasi Inggris yang menyertakan rokok elektrik dalam daftar benda yang dilarang dibawa ke Thailand. (fid)

(Baca Juga: SHARE LOC: Bertualang Mencari Air Terjun yang Tersembunyi di Hutan Belantara Bengkulu)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini