PENTING! Sederet Fase Gerhana Matahari Total dan Cara Aman Menyaksikannya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 406 1760080 penting-sederet-fase-gerhana-matahari-total-dan-cara-aman-menyaksikannya-Pg2row9zCm.jpg Ilustrasi Menyaksikan Gerhana Matahari (foto: Reuters)

GERHANA matahari total akan terjadi di sebagian langit negeri Paman Sam. Fenomena alam yang langka itu akan terjadi pada pukul 12 siang, hari ini 21 Agustus 2017.

Sebanyak 14 negara bagian di Amerika Utara, mulai dari Oregon hingga South Carolina akan menyaksikan fenomena alam gerhana matahari total siang ini waktu setempat. Gerhana matahari akan terjadi selama 100 menit atau setara dengan satu jam lebih 40 menit dan selama dua menit kondisi langit akan gelap gulita di siang hari.

(Baca Juga: Gerhana Matahari Siap Menggelap Gulitakan Sebagian Langit Amerika Hari Ini!)

Gerhana matahari total memang sangat unik, fenomena langka tersebut menarik perhatian masyarakat hingga sebagian besar pasti tumpah ruah ke luar rumah untuk menyaksikan gerhana matahari total. Namun, tidak sedikit pula dari masyarakat yang masih belum memahami cara aman dan nyaman untuk menyaksikan gerhana matahari total, agar tidak merusak mata dan indera penglihatan.

(foto: Mike Sirach via Enjoy Illinois)

Untuk itu, melansir dari laman resmi NASA, Senin (21/8/2017), berikut rangkuman dari video yang terdapat dalam laman tersebut yang menjelaskan cara aman dan nyaman menyaksikan gerhana matahari total.

Dalam proses terjadinya gerhana matahari total, ada lima fase yang akan diamati oleh masyarakat, diantaranya yaitu:

(Baca Juga: SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho)

Fase Pertama

Pada fase ini dinamakan gerhana parsial. Matahari akan sebagian ditutupi oleh bulan dan proses ini bisa bertahan lebih dari satu jam. Pada fase ini masyarakat harus mengenakan kacamata khusus gerhana bukan kacamata hitam.

Fase Kedua

Pada fase kedua, disebut cincin berlian. Sinar matahari akan ditutupi oleh bulan dan cahayanya tersisa pada bagian pinggir permukaan bulan dengan ada satu sumber titik cahaya yang paling terang, fase ini merupakan tahapan sebelum detik-detik gerhana matahari total. Masyarakat masih harus mengenakan kacamata gerhana mereka.

Fase Ketiga

Pada fase ketiga, masyarakat masih belum diperbolehkan melepas kacamata. Tahapan ketiga tersebut sumber titik cahaya matahari yang paling terang telah berpindah dari tempat semula ke tempat lain.

(Baca Juga: Yuk Belajar Sejarah Jawa di Museum Terbaik Indonesia)

Fase Keempat

Gerhana matahari total pun dapat dinikmati dengan mata telanjang. Masyarakat tidak perlu lagi mengenakan kacamata gerhananya pada fase ini. Bulan telah menutupi seluruh cakram matahari, tahap ini akan berlangsung sekira satu menit dibeberapa lokasi. Tetap pegang kacamata Anda karena fase keempat berlangsung cukup singkat.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Mengulik Korowai, Suku Kanibal di Papua yang Jadi Sorotan Dunia)

Fase Kelima

Pada tahap akhir, masyarakat dianjurkan untuk berhenti menatap langsung matahari. Tahapan ini bulan sabit mulai mengintip dan bumi sudah perlahan terang kembali. Lepas kacamata setelah sudah berakhir tahapan gerhana matahari total.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini