SHARELOC: Menyisir Pinggir Burj Khalifa, Ini 4 Lokasi Berburu Pernak-pernik di Pasar Tradisional Dubai

Ade Indra Kusuma, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 406 1760684 shareloc-menyisir-pinggir-burj-khalifa-ini-4-lokasi-berburu-pernak-pernik-di-pasar-tradisional-dubai-IhFYSzO3jn.jpg Pasar Tradisional Dubai (Foto: Zeno, Dubai Tourism)

APAKAH Anda sedang mencari oleh-oleh unik dan menarik untuk teman-teman dan keluarga? Jika Anda berlibur, mereka pasti sudah banyak menitip pesan oleh-oleh, mulai dari gantungan kunci, hiasan bola salju dalam kaca, atau bahkan kaus bertuliskan “I Love (isi nama kota)” dari berbagai kota yang Anda lalui?

Jika Anda berkunjung ke Dubai, Sejenak lupakan Burj Khalifa, Burj Al Arab, Palm Jumeirah dan ikon-ikon futuristik lainnya di Dubai. Kota pesisir di Uni Emirat Arab lainnya ini masih punya sisi tradisional berupa pasar-pasar (souk) yang punya atmosfer menarik

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Air Terjun Tersembunyi Tukad Cepung di Bali)

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Membelah Rimba Sambil Menyusuri Sungai Maron Pacitan)

Pernah mendengar nama Souk? Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu Souk? Souk jika diartikan dengan istilah bahasa Indonesia adalah sebuah pasar seperti bazaar. Berikut Okezone pilih beberapa destinasi Souk yang wajib dikunjungi jika ke Dubai.

Gold Souk (Bazaar Emas)

Disebut sebagai pasar tradisional yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi di Dubai juga merupakan tempat yang menjual emas dengan harga paling murah, jelajahi jalan setapak yang penuh dengan penjual emas. Gold Souk menawarkan pengunjung berbagai macam perhiasan baik untuk kepala hingga kaki. Ketika mayoritas perhiasan berkilauan terbuat dari emas, tersedia juga berbagai pilihan perhiasan yang terbuat dari perak, berlian, dan batu-batuan berharga. Gold Souk adalah tempat terbaik untuk mendapatkan hadiah spesial bagi orang terkasih.

TIPS: Sedikit tips sebelum membeli emas, pastikan Anda mengetahui harga setiap gram emas pada saat itu, karena harga emas mengalami fluktuasi setiap harinya, sama halnya dengan pasar saham. Jika Anda sudah menyukai barang tertentu, jangan takut untuk menawarnya, Anda bisa saja mendapat harga yang lebih murah. Tips bermanfaat lainnya adalah pastikan untuk membelinya menggunakan uang tunai karena besar kemungkinan para penjual akan menurunkan harganya untuk Anda. Terakhir, pastikan untuk selalu membeli di toko resmi yang mematuhi peraturan pemerintah.

Gold Souk: Berlokasi di Deira dekat Stasiun Al Ras. Jam buka: Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00, Jumat pukul 16.00 – 22.00.

Spice Souk

Bersiaplah untuk menghirup aroma yang tajam begitu Anda memasuki Spice Souk di Dubai. Tarik napas dalam-dalam dan hirup aroma di sekitar Anda, seperti kunyit, mawar, cabai, kayu manis, vanilla, herbal, kacang, dan dupa merasuk dan memanjakan panca indera Anda.

Beragam rempah-rempah beraroma menunggu Anda, bahkan jika Anda tidak mengetahui mengenai jenis bumbu-bumbu yang diinginkan, penjual yang ramah akan dengan senang hati membantu Anda mencari aroma dan rasa terbaik favorit Anda. Jangan ragu untuk mencoba beberapa bumbu atau menghirup aroma berbagai buah kering, Anda tidak akan tahu hingga mencobanya.

TIPS: Ketika Anda disana, sebaiknya mampir untuk membeli kunyit sebagai oleh-oleh, karena bumbu ini sangatlah mahal di negara lain. Spice Souk juga menjual berbagai macam buah kering, termasuk kurma, yang bisa menjadi oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang. Buatlah para orang terkasih merasakan sedikit bagaimana perjalanan Anda. Spice Souk: Berlokasi di Deira, dekat Gold Souk.

Jam Buka: Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00, Jumat pukul 16.00 – 22.00

Textile Souk

Berburu barang-barang fashion, biasanya tak akan lupa jika kita wisata ke luar negeri. Anda seorang pecinta fashion atau tidak, pastikan untuk datang ke Textile Souk. Dengan warna yang cerah dan mencolok disini, Anda akan melihat bagaimana tempat ini mirip dengan rempah-rempah berwarna-warni di Spice Souk. Menawarkan berbagai macam kain dan warna, rasakan berbagai koleksi dari seluruh dunia yang dikumpulkan dalam pasar ini. Sentuh dan rasakan tekstur velvet, suede, sutra, katun, dan pilih yang Anda suka.

TIPS: Textile Souk ini terkenal dengan selendang pashmina cerah dan sepatu tradisional Arab yang akan disukai oleh kekasih Anda. Untuk pria, pasar ini menyediakan dompet kulit dan ikat pinggang dengan berbagai bentuk dan warna. Ketika berbelanja di Textile Souk, selalu tawar dengan harga lebih murah dan coba untuk membeli banyak barang di satu toko karena pendagangnya akan memberikan lebih banyak diskon.  Textile Souk: Berlokasi di Bur Dubai, dekat Stasiun Bur Dubai Abra. Jam Buka: Sabtu - Kamis pukul 08.00 – 13.30 dan pukul 16.00 – 21.00, hari Jumat tutup.

Souk Al Bahar