UNIK! Kota Tertua di Irlandia Berubah Menjadi Galeri Seni Udara Terbuka

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 406 1760728 unik-kota-tertua-di-irlandia-berubah-menjadi-galeri-seni-udara-terbuka-ZuISB7Cn3j.jpg Kota Tertua di Irlandia (Foto: Lonelyplanetwpnews)

UMUMNYA kota tua di suatu negara menghadirkan pemandangan bangunan-bangunan tua. Namun di Irlandia, kota tertua diubah menjadi lebih menarik dengan menampilkan galeri seni terbuka.

Adalah Festival Waterford Street yang dibuka pada akhir pekan lalu dengan menggunakan Waterford Walls. Kini bangunan dan tembok tua di Kota Waterford ini dihias dengan karya luar biasa dari berbagai seniman dunia.

Baca Juga: Astaga, Benteng Oranje Ambruk Diduga Akibat Penggalian Kanal

Ini merupakan galeri terbuka terbesar di Irlandia. Pada tahun ketiga pelaksanaannya, festival ini menarik seniman dari seluruh dunia untuk memamerkan karya mereka pada dinding-dinding kosong yang tersedia.

Bangunan yang dahulu tak terawat dan terlupakan, kini berubah menjadi salah satu spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Festival ini dimulai oleh dua orang berteman, Edel Tobin dan Sarah Jane Hanton. Mereka adalah dua penduduk lokal yang kreatif dan memiliki tujuan untuk menghidupkan kota mereka.

Sebanyak 30 seniman dari berbagai negara dilibatkan untuk memberi warna pada tembok-tembok kosong. Ada pula Waterford Greeway Cycle yang merupakan bagian dari kanvas yang berada di sepanjang rute 46 kilometer di bekas jalur kereta.

Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Victoria Peak, Menyaksikan Kecantikan Alam dari Titik Tertinggi Kota Hong Kong

Di antara seniman yang turut berpartisipasi tahun ini ada nama Fintan Magee, seniman jalanan Australia yang dikenal karena karya muralnya di Australia hingga Selandia Baru. Fintan Magee sendiri telah menyelesaikan karyanya di beberapa wilayah di Beirut, Montreal, hingga Istanbul tahun ini. Kemudian dia menyelesaikan karyanya selama delapan hari di Irlandia dan berangkat menuju Jerman untuk menciptakan karya lainnya.

Edel Tobin menjelaskan, festival ini diadakan untuk menarik ribuan pengunjung ke Waterford pada akhir pekan. Sebab, kini proyek ini sudah sangat populer di kalangan penduduk kota.

“Sangat banyak umpan baliknya, mereka menganggap proyek kami adalah hal terbaik yang terjadi di Waterford dalam waktu lama,” ujar Tobin dikutip dari Lonelyplanet, Rabu (23/8/2017).

Baca Juga: Terungkap! Arwah Kepala Suku Mampu Sembuhkan Penyakit Warga di Venezuela

Dalam festival tersebut, warga lokal juga diajak berpartisipasi dalam acara. Bahkan mereka senang menjadi sukarelawan sebagai asisten pelukis bagi para seniman maupun pemandu untuk para pengunjung.

Ada beberapa mural karya seniman yang ditampilkan. Dengan sentuhan yang luar biasa, karya-karya tersebut kini membuat Waterford lebih hidup bagi sekira 50 ribu penduduknya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini