UNCOVER INDONESIA: Curug Luweng Sampang, Grand Canyon Mini ala Yogyakarta

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 406 1761020 undercover-indonesia-curug-luweng-sampang-grand-canyon-mini-ala-yogyakarta-HEWechZCxe.jpg Curug Luweng Sampang (Foto: Instagram Zidzone)

YOGYAKARTA dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Nusantara. Keindahan alamnya seolah tak akan pernah habis untuk dijelajahi lebih jauh.

Jika selama ini Anda hanya mengenal Air Terjun Sri Gethuk, maka Anda perlu kembali ke Jogja untuk mengunjungi keunikan air terjun lainnya. Datanglah ke Desa Sampang, Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Air Terjun Tersembunyi Tukad Cepung di Bali)

Di sana Anda akan menyaksikan keindahan Curug Luweng Sampang yang merupakan air terjun dengan ketinggian sekira 5 meter. Uniknya, area kucuran air terjun ini diapit oleh dua dinding batu menjulang yang berbentuk unik. Seperti diketahui, Gunungkidul memang dikenal dengan bebatuan cadasnya.

Akibat terkikis air selama bertahun-tahun, tebing-tebing batu yang mengapit di kanan dan kiri air terjun ini membentuk guratan-guratan kecil dan rapi. Ditambah dengan lekukan-lekukan vertikal pada dindingnya, tebing ini terlihat seperti versi mini dari Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Foto: Instagram Hellonusantara

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Membelah Rimba Sambil Menyusuri Sungai Maron Pacitan)

Namun jika debit airnya sedang melimpah dan berwarna hijau, Curug Luweng Sampang ini terlihat seperti Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat. Untuk melihat keindahan ini, sebaiknya Anda datang pada musim hujan, saat debit airnya cukup tinggi. Konon, air terjun ini merupakan lokasi semedi Sunan Kalijaga yang menyiarkan Islam di Tanah Jawa.

Untuk mencapai ke Curug Luweng Sampang, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke timur Yogyakarta. Dengan menempuh perjalanan 30 kilometer dari pusat kota yang ditempuh selama kurang lebih satu jam, Anda sudah bisa sampai ke Desa Gedang Sari dan menikmati indahnya panorama Curug Luweng Sampang.

Luweng Sampang sendiri berasal dari bahasa setempat yang artinya “Lubang di Sampang”. Sebab jika dilihat dari atas, pancuran air terjun ini terlihat seperti sebuah lubang karena berada di celah sempit antara tebing batu.

Karena letaknya yang tersembunyi, Curug Luweng Sampang belum begitu dikenal oleh wisatawan di luar Jogja. Tetapi pada akhir pekan, kunjungan wisatawan terbilang ramai dari pengunjung yang mendambakan ketenangan dan keasrian.

(Baca Juga: BACKPACKER DIARY: Menjamah Kemisteriusan Gua Asnawi Lahat)


Jika Anda ingin berkunjung dan menikmati keindahannya dengan leluasa, datanglah di hari biasa. Selain akan menemukan ketenangan, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang yang tidak begitu riuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini