Sejumlah Landmark di Italia Dipasangi Beton, Kenapa Ya?

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 25 Agustus 2017 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 24 406 1762473 sejumlah-landmark-di-italia-dipasangi-beton-kenapa-ya-tdr9G0lrSN.jpg Landmark Itali (Foto: Independent)

BEBERAPA landmark di Italia mendadak dipasangi beton. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap terorisme yang pekan lalu melanda Barcelona.

Meski teror tidak menyerang Italia, namun sejumlah lokasi wisata utama di Milan, Roma, Bologna, dan Turin meningkatkan keamanan. Sebab telah ada peringatan berulang kali oleh Isis bahwa Italia masuk ke dalam daftar sasarannya menurut laporan Independent.

Baca Juga: Hebat! 2 Pulau Indonesia Masuk Jajaran Pulau Tersembunyi Paling Indah di Dunia

Di Milan, beton muncul pada akhir pekan lalu di jalan-jalan menuju ruang utama kota. Terutama di dekat bangunan katedral yang terkenal, katedral Milano. Begitu juga dengan jalan-jalan menuju Galleria Vittorio Emanuele yang berdekatan dan arcade perbelanjaan spektakuler abad ke-19.

Selain di Milan, penghalang juga ditempatkan di Bologna dan Turin. Penghalang tersebut digunakan untuk memisahkan kendaraan dan pejalan kaki. Di Bologna sendiri, keamanan diperketat di sekitar Basilika San Petronio.

Baca Juga: Guys, Simak 4 Kejadian Unik di Bandara yang Bikin Ngakak!

Gereja menjadi perhatian umum pemerintah di Italia untuk mendapatkan peningkatan keamanan yang lebih tinggi. Jalan-jalan di pusat Kota Palermo, ibukota Sisilia juga mendapatkan barikade pelindung baru. Bahkan, Dewan Kota Florence juga mengatakan bahwa mereka sedang berupaya memasang struktur serupa.

Di kota lain seperti Genoa dan Napoli, tidak dipasang penghalang atau pun beton. Namun patroli polisi ditingkatkan seiring dengan upaya peningkatan keamanan.

Media setempat juga melaporkan blok beton akan dipasang di pintu masuk Via del Corso, jalan perbelanjaan utama di Roma, dan Via dei Fori Imperiali, jalan yang membentang melalui Roma tengah dari Piazza Venezia ke Colosseum.

Baca Juga: Keren, Kakek-Nenek Asal Indonesia Keliling Eropa dan Asia dengan Mobil Pelat B

Menteri Dalam Negeri Italia, Marco Minniti pekan lalu menanggapi serangan di Barcelona. Dia mengaku heran sebuah van bisa melaju tanpa hambatan ke La Ramblas di Barcelona. Padahal, itu adalah salah satu tempat wisata yang dipenuhi turis.

“Aneh rasanya tidak ada tindakan pengamanan ekstra di tempat yang begitu padat dengan turis dan warga,” tandas Marco dikutip dari Independent, Jumat (25/8/2017).

Italia sendiri memang telah memulai strategi anti-teror sejak beberapa tahun terakhir. Sebagai upaya meningkatkan keamanan, lebih dari 6.000 tentara dikerahkan di jalanan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini