SHARE LOC: Wisata Murmer yang Lagi Hits Sambil Kenal Alam di Bumi Perkemahan Sukamantri Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 406 1764844 share-loc-wisata-murmer-yang-lagi-hits-sambil-kenal-alam-di-bumi-perkemahan-sukamantri-bogor-45DhIx6hhJ.jpg (Foto: Putra/ Kontributor)

MENGHABISKAN waktu di alam terbuka bisa menjadi salah satu solusi untuk menyegarkan pikiran. Selain menghindari hiruk-pikuk kota dan menikmati suasana yang menyegarkan, dengan mengenal alam kita juga bisa lebih mengenal diri sendiri.

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk bisa menikmati suasana alam terbuka, karena di Bogor memiliki sederet keindahan alam salah satunya di Bumi Perkemahan (Buper) Sukamantri, Desa Taman Sari, Kecamatan Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

(Foto: Putra Ramadhani Astyawan/Kontributor)

Di area perkemahan seluas 5 hektare ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan suasana alam yang asri dan sangat cocok untuk melepas penat setelah sepekan beraktivitas. Kawasan ini merupakan perhutani yang dijadikan area perkemahan sejak 1980-an.

Lokasinya yang dekat dan nyaman, menjadikan Bumi Perkemahan (Buper) Sukamantri juga sering digunakan untuk acara khusus oleh para mahasiswa, pekerja kantoran atau club-club tertentu. Kawasan Sukamatri, juga merupakan kawasan latihan militer Kujang Raider.

Siang hari, kawasan ini menawarkan pemandangan deretan pohon pinus yang menawan. Sedangkan di malam harinya, pengunjung disuguhkan pemandangan gemerlap lampu Kota Bogor dan taburan bintang langit dari ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain memberikan kesan damai yang jauh dari hiruk-pikuk kebisingan hidup perkotaan, indahnya deretan pohon pinus yang menawan kawasan Buper Sukamantri ini pun kerap dijadikan lokasi foto pra-wedding oleh banyak pasangan baik dari dalam maupun luar Bogor.

Jika bosan berada di area perkemahan, pengunjung bisa masuk ke area hutan di sebelah utara kawasan ini. Pepohonan lebat dan lembab diiringi kicauan burung dan udara yang segar membawa kita melupakan sejenak rutinitas sehari-hari yang penuh hingar-bingar dan penat.

Selain itu, dikawasan ini juga terdapat air terjun yang cukup menawan bernama Surya Kencana. Dengan tinggi kurang-lebih 10 meter dan debit air yang tidak terlalu besar, membuat semakin bersemangat untuk menceburkan diri ke kolam kecil yang berada di bawahnya.

Untuk fasilitas di Buper Sukamantri ini pun tersedia cukup baik mulai dari toilet dengan air bersih, mushola, aula, dan warung makanan. Sedangkan, untuk camping disediakan tempat dengan daya tampung sekitar 300 orang yang juga dilengkapi jasa penyewaan tenda.

Ada berbagai pilihan untuk mencapai lokasi ini. Jika menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan angkot 03 jurusan Ciapus dari Pasar Bogor atau Bogor Trade Mall dan turun di wilayah Tamansari. Setelah itu harus berjalan kaki sekitar 3 km melalui jalan berbatu.

Jika malas berjalan kaki, pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga lokasi camping ground. Namun, dengan kondisi jalan yang berbatu dan menanjak disarankan bagi pengunjung dapat menggunakan kendaraan jenis khusus atau offroad.

Baca Juga: Foto Gadis Cantik Dikejar Monyet saat Ingin Foto Bersama Jadi Viral

Baca Juga: Khusus Dewasa! Love Hotel Ditawarkan dengan Tema Erotis

Sebelum masuk kawasan Buper Sukamantri, pengunjung akan bertemu peternakan sapi yang merupakan sisa-sisa masa kejayaan mantan Presiden Indonesia Soeharto. Dulu, di wilayah lereng sebuah bukit inilah almarhum Soeharto memiliki ribuan sapi.

Setelah melewati areal peternakan sapi, pengunjung juga akan dipertemukan jalan yang bercabang yang salah satunya menuju sungai Ciapus, tempat warga sekitar melakukan penggalian pasir. Perjalanan menuju Buper Sukamantri ini menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

 Baca Juga: Berburu Surga yang Dirindukan Traveler, di Pedalaman Desa Simempar Sumatera Utara

Baca Juga: BACKPACKER DIARY: 5 Alasan Wisata Hemat ke Vietnam, Restoran Tanpa Pajak Jadi Favorit

Untuk tiket masuk, jika hanya main sekitar Rp5 ribu per orang dan biaya camping Rp20 ribu per orang. Sedangkan biaya parkir, sepeda motor Rp10 ribu dan mobil Rp15 ribu, jika Anda penasaran? Silahkan datang dan rasakan sensasi menyatu dengan alam di tempat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini