Share

Atasi Jet Lag, Maskapai Inggris Suguhkan Es Krim, Teh Herbal hingga Nut Bars

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 406 1765225 atasi-jet-lag-maskapal-inggris-suguhkan-es-krim-teh-herbal-hingga-nut-bars-13B4QDhQ93.jpeg Es Krim hitam meredakan jet lag (Foto: Telegraph)

SALAH satu hal yang paling dibenci orang dari perjalanan jauh menggunakan pesawat adalah jet lag. Beragam cara pun kerap dicoba untuk menghilangkan rasa stres akibat jet lag.

Namun di samping melakukan kegiatan yang dapat mengembalikan jam biologis tubuh, ternyata makanan juga bisa membantu mengatasi jet lag.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Makanan khusus ini bisa ditemukan di menu dalam maskapai asal Inggris, Monarch. Maskapai ini menyiapkan menu makanan baru dalam penerbangan yang diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan saraf, menenangkan perut, bahkan mengatasi jet lag pada seseorang.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Menu-menu baru tersebut diciptakan oleh Profesor Charles Spence dari Universitas Oxford. Bersama Heston Blumental, ia menciptakan banyak karya gastronomi untuk penerbangan Monarch. Termasuk es krim echinacea and liquorice, teh hijau, kue lavender, teh herbal yang menyegarkan tubuh dan memberi energi, hingga snack bar yang rasanya enak.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Bahan-bahan untuk menu tersebut dipilih secara khusus untuk meningkatkan kebahagiaan dan relaksasi. Es krim echinacea and liquorice misalnya, menu ini dibuat dari bahan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala batuk dan pilek.

Sebab, 4 dari 10 orang Inggris sakit saat bepergian atau berlibur. Selain itu, warna hitam pada es krim juga cukup berpengaruh untuk meredakan jet lag.

β€œWarna hitam bisa menghadirkan intuisi berlawanan, kebanyakan penumpang memikirkan warna putih atau pucat pada es krim. Ini juga dapat membantu mengalihkan perhatian penumpang dari perjalanan kacau mereka dengan cara mengejutkan dan membuat mereka bernostalgia seperti anak kecil,” ujar Prof Spence dikutip dari Telegraph, Selasa (29/8/2017).

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Sementara teh hijau dan kue beras mochi lavender telah terbukti dapat meningkatkan kualitas relaksasi dan tidur untuk segala usia. Kandungan polifenol pada teh hijau yang tinggi juga dikemas dengan antioksidan sehingga dapat melawan jet lag. Menu ini disajikan saat menjelang lepas landas.

Lalu setelah 30 menit lepas landas, penumpang akan diberi teh herbal yang memiliki kandungan chamomile, biji adas dan kelp yang dapat menghilangkan rasa kembung dan membantu melancarkan pencernaan, di mana 18 persen pelancong merasakan perut kembung. Teh ini akan disajikan dengan biskuit renyah dan rumput laut agar memberikan cita rasa umami yang manis dan asin.

β€œMenggunakan rasa umami dapat mengurangi tekanan udara, udara kabin yang kering, dan kebisingan mesin yang menghambat persepsi rasa. Menggunakan rasa umami di samping kombinasi rasa lainnya akan menghibur dan memuaskan para penumpang,” jelas profesor.

Sebelum mendarat, penumpang juga akan diberi nut bar karamel yang dilapisi jamur kaya rasa dan bubuk tomat untuk membangkitkan kembali energi dan indera ketika sampai di tempat tujuan. Menu ini bisa didapatkan dalam penerbangan dari Luton ke Naples, Gibraltar, dan Malaga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini