UNCOVER INDONESIA: Wisata Ciputih Banten, Pantai "Perawan" Pesonanya, Setengah Mati Perjalanannya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 406 1766360 uncover-indonesia-wisata-ciputih-banten-pantai-perawan-pesonanya-setengah-mati-perjalanannya-LX5V81zFBm.JPG Pantai Ciputih (Foto: bantenwisata)

PANTAI jadi salah satu destinasi wisata yang tidak pernah luput dari incaran wisatawan. Pantai-pantai "perawan" dan sunyi semakin banyak dicari dan dikunjungi. Para wisatawan yang sudah jenuh dengan segala rutinitasnya, membutuhkan kesegaran yang alami untuk menyegarkan pikiran. Maka, destinasi wisata alam kian gencar diincar.

Negara Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, memiliki pulau lebih dari 17 ribu buah dan masing-masing tentunya punya pantai-pantai yang mempesona. Bahkan, hebatnya dalam satu daerah saja terkadang memiliki pantai lebih dari dua. Salah satunya Provinsi Banten.

Baca Juga: 5 Destinasi Terindah bak Negeri Dongeng di Dunia Nyata

Provinsi yang berada paling barat Pulau Jawa tersebut memiliki total luas wilayah hingga 9160 kilometer persegi dan menjadi salah satu jalur lalu lintas laut yang cukup strategis, karena sering dilewati kapal-kapal dari Australia dan Selandia, Thailand, Malaysia dan Singapura. Di Bantenm setidaknya ada empat kota, empat kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan dan 1273 buah desa.

Di Kabupaten Lebak, ada beberapa pantai yang bisa membuat Anda menganga tanpa sadar. Pantai-pantai tersebut ialah Pantai Sawarna, Bagedur, Cihara dan Binuangeun. Sementara, kalau di Kabupaten Pandeglang, para wisatawan dapat menyambangi Pulau Umang, Kampung Paniis, Cinibung, dan Pantai Ciputih.

(Baca Juga: Ayo Cepat ke Inggris, Bisa Lihat Dinosaurus hingga Main di Kampung Alice!)

Pantai Ciputih jadi pantai yang masih cukup alami dan terbilang belum terjamah banyak orang. Sehingga, tidaklah berlebihan jika menyebut pantai ini masih perawan. Masih berada di kawasan Pandeglang, tepatnya di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Pantai Ciputih menanti para wisatawan untuk menjamahnya.

Untuk mencapai Pantai Ciputih, para wisatawan harus menyiapkan kendaraan yang bandel, sebab masih banyak jalur yang dapat membuat para pengendaranya mengelus dada. Jika Anda memulai perjalanan dari Pandeglang, maka lama perjalanan yang harus ditempuh selama 7 jam. Rute yang diambil untuk bisa menjamah Pantai Ciputih, yaitu Jakarta, Tol Merak, Serang Timur, Pandeglang, Labuan, Panimbang dan Sumur.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Perjalanannya cukup panjang dan menantang memang. Namun, keeksotisan Pantai Ciputih dapat membuat segala lelah hilang sekejap. Bermain-main di perairannya atau di bibir pantai akan sangat seru danĀ  menyenangkan. Setelah lelah, cobalah untuk mengurus penginapan yang ada di sekitar pantai. Untuk hari selanjutnya, para wisatawan dapat memasukan Pantai Legon, Pantai Sumur, Pantai Muara Baru Tanjungan, Pantai Dadap Langun, Pantai Keusik Panjang dan pantai lainnya yang punya juga jadi bagian dari pulau-pulau kecil, serta dasar laut yang luar biasa.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini