IDUL ADHA 2017: Libur Panjang, Ayo ke Ha Long Bay dengan Kapal Pesiar (Part 1)

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 406 1767022 idul-adha-2017-libur-panjang-ayo-ke-ha-long-bay-dengan-kapal-pesiar-part-1-f0ViZSLVaF.JPG Foto: Dada/Okezone

Ha Long Bay, selalu menjadi primadona wisata Vietnam karena keindahan alamnya yang unik. Kawasan ini bahkan mendapat predikat sebagai UNESCO World Heritage Site. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Ha Long Bay adalah dengan berpesiar menggunakan kapal wisata. 

Anda yang memiliki libur panjang pada perayaan hari raya kurban, Ha Long Bay bisa jadi pilihan wisata keluarga karena cuaca pada bulan ini terbilang cerah dan terhindar dari ancaman badai.

Saya bersama keluarga memutuskan berwisata ke Ha Long Bay dengan kapal pesiar pada akhir Agustus 2017. Kami menggunakan flamingo cruises yang dipesan melalui travel agent di Hanoi. Rencananya kami akan menjelajah Ha Long Bay selama 3 hari 2 malam. 

Paket yang dipilih adalah full trip selama 3 hari 2 malam dengan harga 235 USD per orang atau sekitar 3.172.500 rupiah. Kami memilih flamingo cruises karena rekomendasi dari teman orang Vietnam serta cruise ini memiliki aktivitas yang cocok untuk keluarga seperti bermain kayak dan kelas memasak. 

Pada hari keberangkatan kami dijemput di hotel pada jam 8 pagi. Dengan menggunakan shuttle bus kami menuju pelabuhan. Perjalanan memakan waktu 4 jam. Setiba di Tuan Chau Marina Pier, kami berganti menggunakan kapal kecil untuk menuju kapal pesiar yang telah disewa. 

Kapal flamingo yang kami tumpangi berukuran sedang. Rupanya kapal besar tak bisa berlayar di Ha Long Bay karena lautnya tak begitu dalam. Kapal flamingo terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama untuk kamar hotel, lantai kedua sebagai area makan dan kamar hotel serta lantai atas atau dek sebagai area bersantai. Total ada 12 tamu di kapal ini. 

Saat memasuki area Luom Bo, chef menyajikan makan siang. Ada masakan Vietnam dan seafood sebagai menu makan siang. Kami menikmati makan siang sambil menikmati keindahan gugusan bebatuan kapur di Ha Long Bay.

Menjelang sore, kapal memasuki area Lan Ha Bay. Disini pemandangan sangat indah karena air laut berwarna hijau zamrud dan sangat tenang serta dikelilingi bebatuan kapur yang hijau. Di area Lan Ha Bay ini kami bermain kayak selama 1 jam. 

Capek dan pegal setelah bermain kayak terbayarkan karena setelah itu kami menuju ke sebuah pulau untuk berenang dan beristirahat. Pulau Titop merupakan salah satu dari sedikit pulau yang bisa dihuni di Ha Long Bay. Sebagian besar pulau di Ha Long Bay tandus sehingga tak bisa ditempati manusia. Pulau Titop kecil namun memiliki pantai cantik dengan ombak kecil sehingga cocok dipakai berenang.

Hari pertama naik kapal pesiar di Ha Long Bay ditutup dengan sunset party di atas dek kapal. Kru kapal mendemonstrasikan cara membuat lumpia khas Vietnam dan kami semua bergantian mencoba memasaknya. 

Pukul 7.30 malam, makan malam disajikan di ruang makan. Kru kapal sempat bercanda bahwa menu utama makan malam adalah daging ular. Hal ini sempat membuat kami panik dan bingung. Namun ternyata menu yang disajikan adalah ayam lada hitam dan seafood yang sangat lezat. 

Trip hari pertama di Ha Long Bay berakhir pukul 8.30 malam. Kami pun beranjak istirahat. Beberapa tamu yang masih terjaga memilih ikut memancing cumi - cumi bersama para kru hingga subuh. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini