Pulau Ti Top, Ajang Plesiran Santai di Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 01 406 1767368 okezone-week-end-pulau-ti-top-ajang-plesiran-santai-di-vietnam-odQfDGrLxy.JPG Ti Top (Foto: Dada/Okezone)

HARI raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada hari jumat, 1 September ini hampir bertepatan dengan hari kemerdekaan Vietnam yang jatuh pada sabtu, 2 September. Salah satu tempat wisata favorit masyarakat Hanoi adalah pulau Ti Top yang berada di kawasan Ha Long Bay.

Pulau Ti Top terletak di jantung Ha Long Bay, Vietnam bagian utara. Untuk mencapai pulau Ti Top perlu menuju Ha Long bay dulu baik dengan ikut tur ataupun naik kapal sendiri. Perjalanan dari Hanoi menuju Tuan Chau Marina Pier memakan waktu selama 4 jam dengan menggunakan bis atau shuttle bus. Sementara perjalanan menggunakan boat dari pelabuhan ke tengah Ha Long Bay memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. 

Pulau mungil ini dinamakan Ti top oleh presiden Vietnam kala itu, Ho Chi Minh. Nama Ti Top berasal dari nama astronot Rusia dan pahlawan Uni Soviet yang bernama Gherman Stepanovic Titov. Nama ini diberikan setelah presiden Ho Chi Minh dan Titov mengunjungi pulau ini pada 22 November 1962.  Sebelumnya, pada masa penjajahan Prancis pulau ini disebut sebagai pulau Cat Nang. Meski mungil, pulau Ti Top termasuk destinasi wisata favorit di Ha Long Bay karena keindahan alamnya serta aksesnya yang mudah. Pulau ini sangat bersih, dan atmosfernya santai, serta memiliki fasilitas free wifi

Baca Juga: 5 Destinasi Terindah bak Negeri Dongeng di Dunia Nyata

Pulau Ti Top termasuk salah satu dari sedikit pulau di kawasan Ha Long bay yang bisa dihuni. Mayoritas gugusan pulau di Ha Long bay terdiri dari bebatuan kapur raksasa yang tandus sehingga tak bisa dihuni. Meski tandus, di beberapa bagian batu kapur ditumbuhi tanaman sehingga terkesan hijau dan subur. Gugusan bebatuan kapur di Ha Long bay telah ada sejak 500 tahun yang lalu dan terkenal keindahannya hingga tercatat sebagai UNESCO World Heritage Site. 

Untuk memasuki pulau Ti Top perlu membayar tiket masuk sebesar 30.000 dong atau sekitar 15.000 rupiah per orang. Pulau Ti Top berukuran kecil dan memiliki sebuah pantai yang cantik. Meski pantainya tak begitu luas namun hamparan pasir cokelatnya lembut sehingga menarik banyak turis lokal dan mancanegara untuk bersantai dan berjemur di saat liburan seperti sekarang. Dari pantai, wisatawan juga bisa sekalian menikmati pemandangan spektakuler Ha Long bay.

(Baca Juga: Ayo Cepat ke Inggris, Bisa Lihat Dinosaurus hingga Main di Kampung Alice!)

Selain itu pantai Ti Top berombak kecil sehingga aman bagi keluarga yang ingin berenang. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berlibur ke pulau Ti Top karena cuaca sering cerah dan berangin. Namun perlu juga mengecek perkiraan cuaca secara berkala karena angin topan dari arah Cina daratan sering datang mengancam.

Hiburan lain di pulau Ti top adalah mendaki bukit. Para turis biasa mendaki bukit sebelum menghabiskan waktu di pantai. Mendaki bukit di pulau Ti top tak sulit karena telah dibangun fasilitas tangga serta beberapa gardu pandang untuk menikmati keindahan alam di bawah. Ha long bay terlihat lebih menawan saat dilihat dari puncak bukit Ti Top.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Saat liburan Idul Adha seperti sekarang ini, pulau Ti Top ramai dikunjungi warga Hanoi dan juga wisatawan mancanegara. Diperkirakan ada ratusan orang yang berwisata ke pulau Ti Top setiap harinya. 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini