Menakjubkan! Taman Bermain Bawah Tanah Ini Punya Banyak Wahana hingga Museum

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 01 406 1767664 menakjubkan-taman-bermain-bawah-tanah-ini-punya-banyak-wahana-hingga-museum-7iFWp7NMW5.jpg Taman Bermain dalam tanah (Foto: CNN)

TAMAN rekreasi di atas tanah yang menyediakan berbagai wahana di ketinggian mungkin sudah biasa. Lalu bagaimana dengan taman bermain yang berada jauh di dalam tanah?

Mungkin Anda cukup terkejut mendengarnya. Karena ruang bawah tanah biasanya digunakan sebagai tempat operasi rahasia atau sebuah tempat perlindungan. Namun di kota Turda, Rumania, ada sebuah taman rekreasi bawah tanah yang menakjubkan.

Hal pertama yang akan Anda lihat adalah bentuk taman rekreasi yang terlihat kecil dari atas. Tapi Anda tidak akan menduganya bahwa area bermain tersebut cukup luas jika didekati.

Bernama Salina Turda, taman bawah tanah ini memungkinkan Anda bermain bowling dan tenis meja di lapangan minigolf, naik bianglala, berkeliling ke danau buatan menggunakan kano, hingga melihat benda-benda bersejarah di museumnya.

Baca Juga: Dipenuhi Endapan Lumpur Tomat Merah, Begini Keseruan Festival La Tomatina 2017 di Spanyol

Dahulu, area ini merupakan tambang garam berusia 2000 tahun yang beroperasi hingga 1932. Sebelum menjadi taman bermain, area ini sempat digunakan sebagai tempat persembunyian Perang Dunia II dan tempat penyimpanan keju. Tempat ini juga menjadi penyimpanan barang-barang berharga dari raja-raja Hongaria dan Kekaisaran Habsburg. Terutama selama abad ke-13 di mana saat itu garam lebih berharga dibanding emas.

Pada 1992, taman ini mulai dibuka untuk umum. Lalu 16 tahun kemudian investasi besar-besaran dilakukan untuk mengembangkan taman rekreasi ini. Hingga kini, tercatat ribuan wisatawan berkunjung ke taman ini setiap tahunnya seperti dilaporkan CNN tahun lalu.

Di taman bermain ini, para pengunjung bisa menaiki bianglala berketinggian 20 meter yang berputar selama 8 menit. Jumlah gondola ada 6 dengan kapasitas angkut masing-masing 8 orang.

Baca Juga: Lupakan Buket Bunga Biasa, Pria Ini Lamar Kekasihnya Pakai Buket Daging dan Selada!

Dari atas, pengunjung akan menyaksikan area taman bermain yang terpancar karena cahayanya. Kano yang tersusun rapi di atas danau buatan membuat pemandangannya lebih menarik.

Taman rekreasi ini juga dilengkapi dengan ampiteater dengan kapasitas 180 kursi. Para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan hingga konser musik di area ini.

Jika Anda penasaran dengan sejarah Salina Turda, Anda bisa mengunjungi museumnya. Museum berisi tiga ruang tambang, Terezia di ruang sedalam 120 meter, Anton sedalam 108 meter, dan Rudolf berada di 42 meter di bawah permukaan tanah.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini