Banyak Sejarah & Potensi Wisata, Hary Tanoe Komitmen Bantu Promosikan Pariwisata Tana Toraja

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 03 406 1768316 banyak-sejarah-potensi-wisata-hary-tanoe-komitmen-bantu-promosikan-pariwisata-tana-toraja-j3OJxJZuk3.jpg Hary Tanoe Dapat Penghargaan Adat di Toraja (Foto: Istimewa)

KETUA Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Rabu 30 Agustus 2017 menghadiri perayaan ulang tahun (HUT) ke-9 Kabupaten Toraja Utara di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dalam acara tersebut, Hary sempat menuturkan bahwa Kabupaten Toraja Utara memiliki potensi wisata yang harus dipromosikan secara maksimal.

BACA JUGA:

“Saya baru pertama kali ke sini, sangat bagus. Perlu dipromosikan dan dibuat buku panduan objek wisata apa saja yang ada di sini, karena sejarahnya sangat menarik,” ujar Hary Tanoe.

Seperti di ketahui, Kabupaten Toraja Utara memang memiliki beragam objek wisata menarik dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Kete Kesu. Di tempat ini, para wisatawan dapat menikmati sejumlah pemandangan menarik seperti melihat secara langsung rumah adat khas Toraja yang dikenal dengan sebutan Tongkonan.

(Caption Foto: Hary Tanoesoedibjo saat mendapat penghargaan adat di HUT ke-9 Kabupaten Toraja Utara di Toraja Utara)

Tidak jauh dari rumah Tongkonan, para pengunjung juga dapat menyambangi bukit berbatu yang dilengkapi dengan gua-gua berisikan mayat-mayat dan peti mati. Pemakaman kuno ini diperkirakan telah berusia 600 tahun.

Melihat fakta tersebut, tidak mengherankan jika Hary Tanoe sangat berkomitmen untuk membantu mempromosikan pariwisata Toraja Utara. Hary juga menyampaikan bahwa dirinya memiliki kesan tersendiri terhadap pesona budaya dan pariwisata di Tanah Toraja.

“Sangat penting untuk bisa menjaga warisan budaya dari leluhur. Dan menariknya, masyarakat Toraja begitu mempertahankan budaya dan kultur mereka sendiri. Saya rasa setiap daerah memang harus mempertahankan budayanya,” jelas Hary Tanoe.

Sebagai komparasi, Hary mencontohkan masyarakat Bali yang mampu menjaga kebudayaan dan kearifan lokal. Hasilnya pun tidak tanggung-tangung, hingga saat ini Bali masih menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia maupun dunia.

 BACA JUGA:

Dalam kesempatan tersebut, Hary Tanoe juga sempat memuji kinerja Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo yang berhasil membangun bandara dengan akses yang memadai. Menurutnya, hal ini akan membantu pariwisata Toraja untuk dapat berkembang lebih baik lagi.

“Apa yang dilakukan Pak Gubernur sudah tepat, membangun bandara yang memadai. Infrastruktur dari bandara ke tempat wisata dan sekitarnya juga harus dibangun dengan baik. Saya pun akan bantu mempromosikan pariwisata Toraja Utara agar dikenal dan dikunjungi masyarat Indonesia maupun luar negeri,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini