Prancis Buka Zona untuk Kaum Nudis di Taman Umum

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 04 September 2017 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 04 406 1768989 prancis-buka-zona-untuk-kaum-nudis-di-taman-umum-e6an3rjcDj.jpg Kaum Nudis (Foto: Lonelyplanet)

MESKI masih menjadi kontroversi di kalangan masyarakat, namun kaum nudis atau orang-orang yang senang hidup tanpa busana terus berkembang. Bahkan Prancis menjadi negara yang terang-terangan mendukung cara hidup kaum ini.

Hal ini dibuktikan dengan dibukanya taman umum untuk kaum nudis atau kaum naturis baru-baru ini. Taman yang dimaksud terletak di Bois de Vincennes di sebelah timur Paris. Pembukaan taman untuk kaum nudis ini hanya sebuah langkah uji coba yang dilakukan dewan kota Paris.

Baca Juga: Mengejutkan! Palestina Jadi Negara dengan Pertumbuhan Wisatawan Tercepat 2017

Wakil Wali Kota Penelope Komites mengatakan bahwa langkah baru ini merupakan bagian dari pandangan terbuka untuk penggunaan ruang publik Paris. Ini juga merupakan langkah yang mengikuti usulan yang diresmikan oleh tiga anggota dewan pada tahun lalu tentang membuka tempat untuk kaum nudis.

Ujicoba ini dilakukan sejak tanggal 31 Agustus hingga 15 Oktober 2017. Selama periode tersebut, taman akan dibuka dari pukul 08.00 hingga 19.30 waktu setempat.

Prancis sendiri dikenal sebagai tujuan wisata utama para kaum nudis. Tercatat sekira 2 juta kaum nudis mengunjungi pantai di negara.

Sebelumnya, Paris menyediakan kolam renang di 12th arondisemen yang memberikan kesempatan untuk kaum nudis datang tiga malam per minggu. Namun mereka mengeluhkan kepadatan penduduk di acara tertentu. Sehingga hal ini memunculkan kebijakan untuk membuka taman umum bagi kaum nudis.

Baca Juga: Lupakan Liburan di Pantai, Cobain Nih Wisata Ekstrem Jalan di Atas Atap Gedung, Berani Coba?

“Ini adalah sukacita sejati, satu kebebasan untuk naturis,” ujar Julien Claude-Penegry dari Asosiasi Naturis Paris kepada kantor berita AFP dikutip dari Lonelyplanet, Senin (4/9/2017).

Di taman tersebut akan diberi tanda-tanda zona yang boleh dikunjungi kaum nudis. Sehingga mereka tahu tempat mana yang bisa dikunjungi dan tidak ketika mereka datang tanpa busana.

Meski demikian, ada aturan yang ditetapkan di dalam taman yang dibuka untuk kaum nudis. Mereka harus menjaga perilaku baik dan melarang memamerkan atau mengekspos tubuh mereka di publik. Tindakan voyeurisme juga dengan tegas dilarang dilakukan di taman tersebut.

Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Perkenalkan, Bukit Jamur yang Lagi Hits di Gresik

Selain Prancis, sudah ada beberapa negara lain yang memberikan tujuan liburan nyaman untuk kaum nudis. Seperti Pantai Baker di San Fransisco, Pantai Maslin di Australia, dan Pantai Es Trenc di Mallorca.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini