UNCOVER INDONESIA: Intip Pesona Pantai Syariah Khusus Perempuan di Banyuwangi, Pasirnya Hitam dan Lembut!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 04 September 2017 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 04 406 1769103 uncover-indonesia-intip-pesona-pantai-syariah-khusus-perempuan-di-banyuwangi-pasirnya-hitam-dan-lembut-RncV8CViSP.jpg Pantai Syariah Banyuwangi (Foto: Instagram)

BANYAK destinasi wisata yang menjadi pilihan untuk Anda yang berencana liburan ke Banyuwangi. Salah satu yang terbaru adalah Pantai Syariah di wilayah Pulau Santen.

Pantai Syariah ini merupakan pantai berkonsep halal yang baru diresmikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beberapa bulan lalu. Dengan mengusung konsep halal, maka hal utama yang akan Anda temukan adalah dipisahnya area antara laki-laki dan perempuan.

Pantai ini berada tak jauh dari bekas lokalisasi yang telah dihapus beberapa tahun lalu, tepatnya di Kelurahan Karangrejo. Pantai Syariah memiliki pasir berwarna hitam yang lembut dan dipercantik dengan adanya jejeran laybag berisi pasir dengan warna-warni. Begitu pula dengan payung-payung cantik yang berdiri di samping laybag untuk melindungi pengunjung dari teriknya matahari. Sekilas, pantai ini terlihat seperti La Plancha yang terkenal di Bali.

Di kawasan pantai ini Anda juga akan melihat jejeran pohon mangrove yang tumbuh. Sehingga memberikan kesan yang lebih asri di sekitar pantai.

Konsep halal ini juga dapat dirasakan dari berbagai hal. Seperti semua makanan yang dijual dipastikan halal, tidak menjual alkohol, dan fasilitas tempat ibadah yang lengkap. Bahkan, para petugasnya di area pantai khusus perempuan ini adalah perempuan.

Kemudian yang membedakan pantai ini dengan pantai umum adalah saat adzan, semua aktivitas dihentikan. Lalu akan berlanjut lagi ketika adzan sudah usai.

Meski pantai ini hanya khusus perempuan, namun bukan berarti pengunjungnya harus mengenakan jilbab. Seluruh perempuan dan anak-anak bisa berkunjung ke pantai ini meski tidak mengenakan hijab.

Selain itu, konsep “Kebersihan adalah sebagian dari iman” benar-benar ditegakkan. Hal ini terlihat dari para pengunjung yang diberi kantong plastik sebagai tempat sampahnya sendiri. Ini juga yang membedakan kondisi pantai yang dulu dengan sekarang. Dahulu, pantai ini dipenuhi dengan sampah yang berserakan dan tak terawat.

Kapan waktu terbaik mengunjungi Pantai Santen? Waktu terbaiknya adalah sore hari, menjelang senja. Karena sunset di pantai ini indah untuk dinikmati bersama keluarga dan teman terdekat.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini