UNCOVER INDONESIA: Curug Cikaso, Destinasi Tersembunyi di Sisi Pantai Ujung Genteng

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 406 1769615 uncover-indonesia-curug-cikaso-destinasi-tersembunyi-di-sisi-pantai-ujung-genteng-hFhcFgcLCM.JPG Foto: wisatajabar

WISATA alam rasanya kini semakin banyak digemari oleh banyak orang. Keindahan panorama alam mampu menenangkan hati dan menghilangkan stres wisatawan yang datang berkunjung. Di Indonesia, banyak sekali tempat-tempat wisata yang pemandangan alamnya sangat indah termasuk Jawa Barat.

Salah satu daerah wisata alam yang terkenal di Jawa Barat adalah Sukabumi. Banyak orang yang datang ke sana untuk mengunjungi Pantai Ujung Genteng. Namun, selain keindahan pantai tersebut, ternyata masih ada tempat lain yang tidak kalah mempesona, yaitu Curug Cikaso. Curug ini sebenarnya bukan destinasi wisata baru, hanya saja banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal letak curug ini tidak jauh dari Pantai Ujung Genteng.


(Baca Juga:  Liburan ke Thailand Enggak Boleh Bawa Rokok Elektrik, Sanksinya Jutaan Rupiah!)


Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti, Kecamatan Surade, Sukabumi. Tinggi air terjun mencapai 80 meter. Hal yang istimewa adalah curug ini memiliki tiga air terjun yaitu Curug Aki, Curug Meong, dan Curug Aseupan. Ketiganya memiliki air yang berwarna hijau jernih karena berada di tengah kerimbunan pepohonan.

Saat air jatuh ke dalam kolam yang berwarna hijau kebiruan, rasanya siapapun yang mengunjunginya ingin menceburkan diri ke kolam. Akan tetapi pengunjung harus meminta petunjuk dari penjaga curug dan memerhatikan keselamatan mereka. Sebab, kolam memiliki kedalaman air hingga 15 meter. Ada pula bagian kolam yang terdapat pusaran air sehingga pengunjung harus berhati-hati agar tidak tenggelam.


Baca Juga: 5 Destinasi Terindah bak Negeri Dongeng di Dunia Nyata


Namun, bagi pengunjung yang tidak pandai berenang, tidak usah merasa sedih dan berkecil hati. Ada pelampung yang disediakan bila mereka tetap ingin berenang. Penggunaan pelampung tentunya sangat bermanfaat karena pengunjung akan lebih aman saat tercebur di dalam kolam.

(Baca Juga: SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho)

Seperti yang kita tahu, umumnya untuk pergi ke suatu curug harus dimulai dengan trekking. Di curug ini, Anda akan ditawari dua alternatif. Opsi pertama, Anda bisa trekking sejauh kira-kira 1 kilometer. Opsi kedua, Anda bisa menuju curug menggunakan perahu sewaan dengan harga kisaran Rp 80.000,- sampai Rp 120.000,- yang berkapasitas hingga 10 orang. Bila Anda memilih menggunakan perahu, Anda bisa sekaligus menelusuri keindahan sungai Cikaso. Tapi, menggunakan perahu pun Anda tetap harus tracking namun dengan jarak yang lebih pendek. Semuanya tergantung keputusan Anda.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini