Share

Air Terjun Klenting Kuning Semarang, Warnanya yang Tak Wajar Jadi Pemikat Traveler

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 406 1769703 air-terjun-klenting-kuning-semarang-warnanya-yang-tak-wajar-jadi-pemikat-traveler-loYSqQGSPc.JPG Foto

LIBURAN memilih destinasi wisata alam akan memberikan banyak manfaat. Selain dapat menghilngkan stres dan menyegarkan pikiran, banyak traveler yang mengatakan liburan kembali ke alam dapat membuat hidup menjadi lebih bahagia.

Alam memang selalu memiliki pesona yang tidak akan pernah luntur. Selalu bisa memikat hati para pengagumnya dan punya sejuta kejutan yang tidak jarang mencengangkan para wisatawan hingga ketagihan untuk kembali datang berkunjung.

Air terjun jadi salah satu destinasi wisata alam yang digemari para traveler. Kesegaran dan ketenangan selalu dijamin jika Anda memilih destinasi yang satu ini. Salah satu air terjun yang dimiliki Indonesia ialah Klenting Kuning Semarang.

Foto: Instagram @riyantrin

Jika Anda menganggap Air Terjun Klenting Kuning sama seperti air terjun biasanya, maka Anda salah besar. Pasalnya, air terjun yang namanya seperti seorang gadis cantik pilihan Ande-Ande Lumut ini memiliki bentuk yang juga tidak kalah unik.

Airnya mengalir dari atas tebing yang berwarna tidak biasa. Jika sebagian besar tebing berwarna hitam atau abu-abu khas batu, maka tebing yang dilewati Air Terjun Klenting Kuning tersebut, justru berwarna cokelat muda. Keunikan tidak cukup sampai di situ saja, karena kolam air yang jadi hempasan terakhir air terjun juga berwarna tidak wajar, yaitu kuning kehijauan.

Foto: Instagram @rikko_official

Hal-hal unik tersebut bisa terjadi karena sumber air yang mengalir di Air Terjun Klenting Kuning memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Kandungan belerang inilah yang membuat warna tebing jadi cokelat muda dan air kolam berwarna kuning tidak sewajarnya.

Air Terjun Klenting Kuning tidak terlalu tinggi, hanya sekira 8 meter saja. Namun, lingkungan alam sekitarnya, jangan ditanyakan. Masih sangat asri dan alami. Kesejukan dan keteduhan sangat terasa kental ketika berada di sini. Air terjun yang berada di sisi barat lereng Gunung Ungaran, Desa Kemawi tersebut cocok bagi para wisatawan yang mendambakan kesunyian. Pasalnya, Air Terjun Klenting Kuning berada cukup tersembunyi.

Jika belum puas bermain-main dengan si perawan Klenting Kuning, para wisatawan tidak perlu bersedih, sebab masih ada tiga air terjun lainnya yang masih bisa dijamah. Ketiga air terjun tersebut berada berdekatan dengan  Air Terjun Klenting Kuning, ada Air Terjun Klenting Biru yang ketinggiannya 4 meter da nada juga Air Terjun Klenting Hijau yang dilindungi semak belukar.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini