Di Thailand, Mitos Merawat Boneka Dipercaya Bawa Keberuntungan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 406 1769755 di-thailand-mitos-merawat-boneka-dipercaya-bawa-keberuntungan-ad4V0DIlP1.JPG Foto: Dailymail

KEYAKINAN yang dimiliki oleh setiap orang terkadang berbeda dengan lainnya. Hal tersebut biasanya dipengaruhi akan pengalaman dan ajaran kepercayaan yang dianut. 

Ketika menyambangi Thailand, para wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona alamnya dan menjelajah daerah-daerahnya yang terkenal ramah bagi backpacker. Pasalnya, ada sebuah komunitas yang unik di Thailand dan berhubungan dengan keyakinan akan keberuntungan.

(Baca Juga:  Liburan ke Thailand Enggak Boleh Bawa Rokok Elektrik, Sanksinya Jutaan Rupiah!)

Jika di Jepang kucing diyakini sebagai binatang yang membawa keberuntungan dan nasib baik, bahkan dapat membawa dua kali lipat keberuntungan dan nasib baik itu jika memberi makan serta merawat kucing, maka di Thailand para wisatawan akan menjumpai sekelompok orang yang berkeyakinan bahwa boneka anak-anak dapat membawa keberuntungan.

Orang-orang yang gemar mengoleksi boneka anak-anak tersebut meyakini maninan tersebut dihuni oleh roh-roh baik hati sehingga dapat membawa keberuntungan bagi mereka. Untuk itu, tidaklah heran jika boneka-boneka disebut child angle, dan bahkan diperlakukan seperti halnya bayi atau anak yang hidup.

Baca Juga: 5 Destinasi Terindah bak Negeri Dongeng di Dunia Nyata

Boneka-boneka bayi tersebut ditawari makanan, mengenakan pakaian dan dibawa kemana-mana oleh pemiliknya. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, boneka-boneka tersebut benar-benar didandani layaknya seorang anak manusia sungguhkan. Rambut mereka dirawat dengan cara ditata rapi seperti dikepang, dikuncir atau disisir, kaki-kaki imut mereka dipakaikan kaus kaki sebelum mengenakan sepatu. Pakaian seperti sewater pun mereka kenakan.

Orang-orang yang meyakini boneka bayi membawa keberuntungan, biasanya membeli koleksi boneka-boneka tersebut di toko-toko atau via online. Setelah mereka mendapatkan boneka-boneka bayi, selanjutnya boneka tersebut dibawa ke seorang biksu untuk di berkati. Biasanya, acara pemberkatan tersebut diadakan pada saat upacara keagamaan di sebuah kuil Buddha.

Boneka-boneka tersebut tidak hanya diberkat, tapi juga diberikan tanggal lahir dan ditunjukkan dengan orang tua baru mereka. Keberuntungan dan nasib baik yang diberikan oleh boneka, telah dibuktikan oleh Boonmee, seorang kolektor boneka bayi. Dia mengatakan boneka yang dimiliki telah membantunya memenangkan undian dengan memberi tahunya nomor undian yang harus dibeli. Boneka tersebut memberitahu Boonmee melalui mimpi.

(Baca Juga: SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho)

Dengan adanya keyakinan tersebut, akhirnya banyak orang yang menggunakan boneka-boneka bayi sebagai jimat. Pada 2006 di Thailand, banyak orang yang beralih dari benda yang mereka yakini sebelumnya ke jimat plastik dan berkeyakinan jimat itu akan membawa kekayaan, dikutip dari Dailymail, Selasa (5/9/2017).

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini