UNCOVER INDONESIA: Pencinta Petualang Wajib ke Gua Terawang di Blora! Tempatnya Bertapa Orang Kerajaan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 406 1769775 uncover-indonesia-pencinta-petualang-wajib-ke-gua-terawang-di-blora-tempatnya-bertapa-orang-kerajaan-pFxNrkxHGG.jpg Gua Terawang (Foto: Instagram)

PESONA alam di Pulau Jawa tak pernah ada habisnya. Dari ujung barat hingga timur pulau ini dipenuhi dengan berbagai pesona alam yang berbeda-beda.

Mulai dari perbukitan dengan air terjun hingga gua adalah salah satu daya tarik wisata yang dimiliki Pulau Jawa. Lokasinya pun terbagi-bagi di beberapa provinsi dan kota. Salah satunya di Blora yang dikenal dengan berbagai wisata alamnya.

Jika berkunjung ke Blora, jangan lupa kunjungi Gua Terawang yang unik. Keunikan gua ini terletak pada jumlah gua yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Air Terjun Klenting Kuning Semarang, Warnanya yang Tak Wajar Jadi Pemikat Traveler

Anda bisa menemukan satu gua induk dan lima gua kecil lainnya yang tersambung menjadi satu. Sebuah sendang atau mata air di dalam gua menambah pesona Gua Terawang.

Nama Gua Terawang sendiri berasal dari sesuatu yang terjadi di gua. Gua ini memiliki langit-langit berlubang yang menjadi jalan masuk cahaya dan menerawang. Sehingga dinamakanlah sebagai Gua Terawang.

Gua ini terletak di Desa Kedungwung, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Untuk mencapai gua ini, arahkan kendaraan ke barat dan melintasi jarak sekira 35 kilometer dari pusat kota Blora. Anda juga bisa menjangkaunya dari Semarang, hanya saja lebih jauh karena berjarak 107 kilometer.

Baca Juga: SHARE LOC: Asyik, Nikmati Atraksi Silat hingga Membatik di Taman Air Goa Sunyaragi

Sesampainya di Desa Kedungwung, Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk gua. Keberadaan gua yang dikelilingi hutan rimba membuat suasana lebih sejuk. Jika telah tiba di mulut gua, kemudian turuni anak tangga sepanjang 15 meter.

Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Curug Cikaso, Destinasi Tersembunyi di Sisi Pantai Ujung Genteng

Dinding gua yang terbuat dari batu gamping memiliki ketinggian sekira 10 meter. Gua yang terletak di bawah tanah ini pun dipenuhi dengan stalagtit dan stalagmit. Bahkan di salah satu sudut gua, ada sebuah stalagtit berukuran besar dan berbentuk runcing yang sering disebut sebagai "gigi buto" atau gigi raksasa.

Gua Terawang juga cukup kental dengan nuansa mistis. Sebab gua ini dulu dikenal sebagai tempat bertapa orang-orang dari kerajaan. Selain itu, gua ini juga sempat digunakan sebagai lokasi pertemuan antara pejabat Blora dengan petinggi Belanda pada zaman dahulu. Gua ini juga pernah digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang.

Baca Juga: Sulit Istirahat dalam Perjalanan Udara? Ini Trik Tidur Nyaman di Pesawat

Meski demikian, keindahan panorama alamnya membuat kesan mistis tak begitu kentara di dalam gua. Gua sepanjang 80 meter dengan lebar 70 meter ini juga dekat dengan beberapa gua lain seperti Gua Macan, Gua Ikat, dan Gua Landak. Untuk masuk ke gua ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp10 ribu.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini