SHARE LOC: Caving Goa Rahasia di Ha Long Bay, Temukan Kecantikan Tersembunyi dari Danau Turquoise

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 406 1770417 share-loc-caving-goa-rahasia-di-ha-long-bay-temukan-kecantikan-tersembunyi-dari-danau-turquoise-fVFnLUeeMs.JPG Foto: Dada/Okezone

DESTINASI wisata ini lumayan dekat dari Hanoi, salah satu aktivitas favorit disana adalah caving atau mengeksplor goa - goa tersembunyi di Ha Long bay. 

Baca Juga: Berniat Beli Rumah dengan Fasilitas Bandara? Syaratnya Harus Punya Hobi Ini

Ada banyak goa di sekitar Ha Long bay. Goa ini terbentuk karena erosi sejak puluhan tahun lalu. Beberapa gua sangat terkenal dan menjadi destinasi pilihan wisatawan yang berlibur ke Ha Long bay, sementara beberapa goa lainnya jarang diketahui keberadaannya apalagi dikunjungi. Saat liburan long weekend, banyak warga Hanoi yang memilih keluar kota. Mengeksplor goa di Ha long bay menjadi pilihan karena jaraknya yang tak terlalu jauh serta menawarkan petualangan. 

Salah satu gua favorit para turis adalah goa Sung Sot. Goa Sung Sot sering juga disebut sebagai surprising cave atau wow cave. Nama ini diberikan karena goa ini sering membuat wisatawan terpana dan terkejut dengan luas dan keindahannya. Goa Sung Sot merupakan goa terluas di kawasan Ha long bay dengan luas mencapai 10.000 meter persegi. 

Untuk menuju goa Sung Sot kita perlu menggunakan boat kecil dari Tuan Chau Marina Pier atau naik kapal pesiar kemudian berganti boat kecil. Karena goa Sung Sot sangat terkenal dan menjadi favorit para turis, area sekitar goa ini telah dibangun dengan berbagai fasilitas seperti jalan setapak, kanopi, toilet, tangga menuju bukit dan beberapa gardu pandang. 

Baca Juga: Ya Ampun, Wanita Aljazair Rela Menahan Sakit karena Tato di Wajah demi Dipuji Cantik

Goa Sung Sot terletak di pulau Bo Hon.  Dari dermaga kita perlu menaiki tangga selama 10 menit atau sebanyak 100 anak tangga untuk menuju pintu goa. Goa Sung Sot terbagi menjadi 2 partisi. Yang pertama berupa ruangan sangat luas dengan stalaktit dan stalagmit di berbagai sisi goa. Konon pada zaman dulu gua ini merupakan tempat tinggal para nelayan. Salah satu bagian yang menarik dari goa ini adalah bagian atapnya yang sangat tinggi dan luas dan bermotif unik. Meski motifnya unik, goa ini natural atau tak dibentuk oleh tangan manusia. 

BACA JUGA: Foto-Foto Konyol yang Bisa Jadi Inspirasi saat Liburan

Di bagian tengah goa ada kolam air panjang yang juga natural. Di sepanjang sisi kolam telah dibangun tangga sehingga pengunjung bisa menjelajah goa tanpa khawatir terpeleset. Partisi kedua berupa bukaan yang berfungsi sebagai area pintu keluar goa. Area ini dibanjiri sinar matahari. Goa Sung Sot terlihat semakin cantik dan memukau dengan adanya sinar lampu berwarna - warni yang menyinari beberapa bagian goa. 

Goa lainnya yang menjadi pilihan wisatawan saat long weekend adalah goa Trong. Berbeda dengan goa Song Sot, goa Trong sangat sempit di beberapa bagian. Pengunjung mesti menunduk bahkan merangkak di beberapa bagian. Tak seperti goa Sung Sot dimana stalagtit dan stalagmit-nya mengagumkan, di gua Trong stalagtit dan stalagmit-nya terkesan lebih menyeramkan. 

Meski begitu, goa ini layak dikunjungi karena di ujung goa pengunjung akan menemukan danau rahasia berwarna Turquoise. Danau cantik ini tak begitu dalam sehingga pengunjung bisa berenang di dalamnya. Menurut legenda, pada zaman dahulu calon pengantin akan mandi di danau ini sebelum mengikuti upacara pernikahan di dalam gua. 

Goa Luon juga menjadi favorit para wisatawan, terutama mereka yang gemar bermain kayak. Goa ini bisa dicapai dengan kayak dan terkenal dengan airnya yang berwarna biru. Turis juga bisa melihat berbagai macam binatang seperti udang, ikan dan kepiting. Kadang turis juga bisa menemukan segerombolan monyet di sekitar goa.

Menjelajah goa - goa di Ha Long Bay bisa dilakukan dalam satu hari atau selama tiga hari dengan bermalam di kapal pesiar.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini