UNCOVER INDONESIA: Gunung Batu Jonggol, Terjal Jalurnya, Surga Pemandangannya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 406 1770433 uncover-indonesia-gunung-batu-jonggol-terjal-jalurnya-surga-pemandangannya-VJU6KvTgbX.JPG Foto: ardiusrudiblog

BOGOR memiliki dua gunung yang terkenal di kalangan pencinta alam, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Gunung Gede yang terkenal dengan ladang penuh bunga edelweis-nya selalu berhasil membuat para pendaki rindu akan pendakian. Namun, si Kota Hujan tidak hanya memiliki dua wisata gunung tersebut, masih ada satu gunung kecil yang tidak kalah unik untuk disambangi.

Gunung kecil tersebut ialah Gunung Batu yang terletak di Jonggol. Gunung yang jarang terdengar di kalangan masyarakat awam ini menyimpan banyak tantangan bagi para pendakinya. Jadi, kecil bukan berarti mudah didaki.

Gunung yang berada di Desa Suka Makmur, Jonggol, Kabupaten Jonggol itu memiliki ketinggian tidak sampai 1000 meter di atas permukaan laut, karena hanya setinggi 875 meter di atas  permukaan laut saja.  Namun, para pendaki tidak boleh meremehkan gunung yang lebih pas disebut bukit ini. Pasalnya, Gunung Batu memiliki tanjakan-tanjakan yang bisa dibilang cukup ekstrem dan menguras tenaga.

Foto: ardiyantacom

Tidak hanya tanjakan yang ekstrem, jalur-jalur pendakian yang curam dan licin pun jadi senjata andalan Gunung Batu, yang disimpan bagi para pendaki yang meremehkannya. Beberapa kali peristiwa tergelincirnya pendaki yang kurang berhati-hati pernah terjadi, salah satunya diabadikan dengan papan plat yang tertulis nama Andri Cahya Nugraha, seperti yang ada di laman blog Ardiyanta, Selasa (5/9/2017).

Namun, jika kehati-hatian dan langkah tetap dijaga, maka puncak gunung dapat dicapai. Terlebih dengan adanya tali webbing, sekarang proses pendakian menuju puncak Gunung Batu pun lebih dipermudah lagi. Akan tetapi, para pendaki harus tetap berhati-hati karena jalur tanjakan juga cukup terjal akibat bentuknya yang meruncing ke atas.

Waktu pendakian Gunung Batu tidak selama gunung di Indonesia pada umumnya, karena hanya memakan waktu sekira satu jam. Puncak Gunung Batu ditandai dengan bendera kebangsaan Indonesia, yaitu Merah Putih. Sebelum sampai di atas puncak, para pendaki sudah disuguhkan pemandangan yang memukau dari dataran yang cukup rata. Dari ketinggian dataran tersebut, para pendaki dapat melemparkan pandangan sejauh-jauhnya dan merasakan nikmatnya bersatu dengan alam.

Ketika di Puncak Gunung Batu, tidak ada kegiatan lainnya selain menghela nafas dalam-dalam dan melepaskannya perlahan sambil memejamkan mata, karena keindahan yang disuguhkan Tuhan dari atas tidak dapat dinilai dengan apapun. Hamparan pepohonan yang hijau di bawah tampak seperti permadani yang membentang luas, dihias dengan beberapa aliran sungai, maka pesona panorama alam Gunung Batu pun semakin sempurna.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini