UNCOVER INDONESIA: Indahnya Curug Ciastana, Air Terjun 2 Tingkat yang Membentuk Tirai Alami

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 12 September 2017 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 406 1773689 uncover-indonesia-indahnya-curug-ciastana-air-terjun-2-tingkat-yang-membentuk-tirai-alami-uyZsLISLWe.jpg Curug Ciastana (Foto: Instagram)

UNTUK Anda yang gemar berpetualang dan mencari tempat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, air terjun adalah destinasi yang sempurna.

Tak hanya harganya yang tak membutuhkan bujet banyak, mengunjungi air terjun memberikan sensasi sendiri. Mulai dari merasakan kesegaran airnya, menikmati keindahan panorama alamnya, hingga menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri.

Jika berbicara tentang air terjun di Indonesia, maka ada ribuan jumlahnya. Lalu bagaimana dengan di Pulau Jawa sendiri?

Jangan khawatir, Pulau Jawa termasuk pulau yang memiliki wisata air terjun paling banyak. Namun jika dipersempit di area Jawa Barat saja, Anda bisa menemukan berbagai air terjun di Sukabumi, Cianjur, Bogor, hingga Garut dan masih banyak tempat lainnya.

Baca Juga: Ground Zero, Wisata Sunyi Mengenang Tragedi 11/9

Baca Juga: SHARE LOC: Intip CBeebies Land, Hotel Pertama di Dunia yang Dirancang untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Salah satu air terjun yang paling indah di Jawa Barat adalah Curug Ciastana yang terletak di Cianjur. Air terjun yang satu ini menawarkan panorama yang cukup menarik dan berbeda dari air terjun lainnya.

Pertama, Curug Ciastana terdiri dari dua tingkat air terjun. Tingkat pertama dipenuhi dengan pancuran air terjun dari ketinggian 50 meter. Sedangkan di tingkat kedua pancuran air terjunnya lebih rendah dan memiliki danau berair biru di bawahnya.

Kedua, Curug Ciastana memiliki air terjun dengan bentuk melebar seperti tirai alami. Saat musim hujan, debit air begitu deras. Namun jika Anda datang bersama si kecil, cukup ajak dia bermain di air terjun tingkat kedua yang pancurannya tak begitu tinggi.

Curug Ciastana sendiri berada di dekat pemakaman warga. Sehingga dinamakan sebagai Curug Ciastana yang dalam bahasa Sunda, astana berarti makam.

Baca Juga: Cinta Tanah Air, Ayo Vote Video Promosi Wonderful Indonesia agar Menangi Tourism Video Competiton di China! Bagaimana Caranya?

Baca Juga: Tidak Hanya Menyelam, di Desa Bakaro Manokwari Juga Ada Ritual Pemanggilan Ikan

Curug Ciastana terletak di Kampung Sinarmuda, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya sekira 40 kilometer dari Kabupaten Cianjur dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 37 menit.

Jika Anda ingin menuju ke sini, disarankan menggunakan sepeda motor karena jalannya cukup sempit dan berbatu. Datanglah di pagi hari dan jangan terlalu sore, karena Curug Ciastana buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Anda tak perlu membayar tiket untuk merasakan segarnya air terjun ini, namun hanya harus membayar biaya parkir Rp2 ribu saja. Setelah puas bermain air di Curug Ciastana, Anda juga bisa mampir ke air terjun lainnya yang masih dalam satu jalur, yakni Curug Cihideung dan Curug Cipeuteuy.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini