Ketahui Makna Luar Biasa Dibalik Sambutan Tari Panyembrahma Bali

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 406 1776771 ketahui-makna-luar-biasa-dibalik-sambutan-tari-panyembrahma-bali-Fz6bVWZQr5.jpg (Foto: Indonesiatravelguide)

PULAU Dewata menjadi salah satu dari 17 ribu lebih gugusan pulau yang dimiliki Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Hindu.

Tidak hanya itu, Bali juga masih sangat menjaga kebudayaannya. Sehingga, ketika menyambangi Bali para wisatawan tidak perlu heran lagi karena akan ada sesaji yang diletakkan hampir di setiap sudut ruang dan bahkan di dalam mobil.

Sebagai bagian dari budaya, Bali memiliki ragam tarian tradisional. Tari-tarian tersebut pula dijadikan sebagai daya tarik tersendiri untuk turis-turis mancanegara. Untuk itu, banyak turis mancanegara yang terpikat pada Bali.

(Baca Juga: Pergi ke Bali Jangan Lewatkan Pertunjukan Tari Kecak)

Salah satu tarian yang sering ditampilkan di Bali yaitu Tari Tradisional Panyembrahma. Panyembrahma artinya penyambutan, sesuai dengan fungsinya sendiri, yaitu untuk menyambut tamu kehormatan.

Namun, pada zaman dahulu tarian tersebut tidak untuk menyambut tamu, melainkan menyambut raja-raja, seperti penuturan IGNP Ambara, salah satu pemandu wisata di Bali.

"Panyembrahma artinya penyambutan, biasanya ditampilkan ketika menyambut raja-raja sewaktu zaman kerajaan dulu. Tapi, sekarang tari panyembrahma sering ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan," ucapnya kepada Okezone, di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (15/9/2017).

(Baca Juga: Legong Keraton Genre Tari Tradisional Bali)

Seperti halnya siang tadi, turis-turis yang berasal dari Bangkok, Thailand, langsung disambut oleh empat orang penari panyembrahma yang cantik dan gemulai. Para penari panyembrahma juga menampilkan baju tari dan riasan wajah khas Bali yang penuh warna.

Para turis yang disambut itu merupakan penumpang dari pesawat Thai Lion, yang melakukan penerbangan perdananya secara langsung. Penerbangan yang dilakukan tersebut langsung dari Don Mueang International Airport, Thailand ke Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

(Baca Juga: Video Tari Bali Bercampur Adegan Erotis)

Ada sekira 189 hingga 215 penumpang yang dapat dibawa oleh pesawat yang kini bisa langsung mengarahkan sayapnya ke Indonesia tanpa transit terlebih dahulu. Seorang turis asal Thailand pun mengungkapkan kebahagiaannya ketika kali pertama bisa mengunjungi Bali.

"Saya merasa bahagia dan antusias. Ketika kali pertama melihat Indonesia saya terkejut karena negerinya sangat hijau dan banyak sekali pohon, " ungkap Ling, ketika diwawancarai Okezone disela-sela kegiatan makan siang di Best Western Resort Kuta, Bali.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini