BACKPACKER DIARY: Jelajah Bangunan Kuno Abad-15 yang Cantik di Hoi An Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 18 September 2017 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 18 406 1778337 backpacker-diary-jelajah-bangunan-kuno-abad-15-yang-cantik-di-hoi-an-vietnam-LWcXYu27W3.jpg Foto: Dada/Okezone

ATRAKSI utama di kota tua Hoi An tentunya adalah deretan rumah - rumah tua dan gedung pertemuan yang masih terpelihara dengan baik. Rumah berumur lebih dari 200 tahun ini kini bisa dikunjungi para traveler dengan tiket khusus. Dari sekian banyak rumah dan gedung, yang mana saja yang paling pantas dikunjungi

BACA JUGA:

Bikin Es Kopi Nikmat dan Aman di Lambung? Diamkan Kopi Hitam Selama 12 Jam di Kulkas, Setelah Itu Baru Dicampur Susu

MENAKJUBKAN, Di Italia Ditemukan Wine Berumur Lebih dari 6.000 Tahun

Pada abad ke-15 hingga 19 kota Hoi An merupakan pelabuhan perdagangan utama di Asia Tenggara. Sebagai kota bisnis yang sibuk, banyak bangsa dari berbagai negara yang datang lalu menetap di Hoi An. Tak cuma orang asli Vietnam, pendatang dari Jepang, Tiongkok dan beberapa negara eropa seperti Portugal, Spanyol, Prancis dan Belanda ikut tinggal dan menetap di Hoi  An. Hal ini membuat pemandangan kota jadi unik karena bangunannya mengandung perpaduan budaya Vietnam, Jepang, Tiongkok dan sedikit sentuhan Eropa. 

Rumah dan gedung tua di Hoi An terpelihara dengan sangat baik hingga UNESCO menjadikan kota ini sebagai salah satu World Heritage Site sejak tahun 1999. Wisatawan diperbolehkan mengunjungi rumah dan gedung tua di Hoi An dengan tiket khusus kota tua Hoi An seharga 100.000 dong atau sekitar 50.000 rupiah. Dengan tiket ini turis bisa memasuki 5 bangunan bersejarah.

Salah satu bangunan lama yang pantas dikunjungi adalah Phuc Kien Assembly Hall yang dibangun pada tahun 1757. Gedung ini dibangun oleh pedagang Tiongkok yang berasal dari provinsi Fujian yang menetap di Hoi An. Fungsi gedung ini adalah untuk mengadakan pertemuan bisnis dengan pedagang - pedagang lainnya juga tempat bersosialisasi atau hang out. 

Beberapa kata bisa digunakan untuk menggambarjan Phuc Kien Assembly Hall. Indah, detail dan tua. Gedung kuno ini of memiliki gaya bangunan ala Tiongkok yang kental. Gerbangnya berwarna merah dengan atap yang dihiasi patung naga. Di halaman gedung anda bisa melihat air mancur naga. Phuc Kien Assembly Hall memiliki dua ruang pertemuan di sebelah kanan dan kiri bagian dalam gedung. Sementara itu bagian belakang difungsikan sebagai tempat berdoa atau kuil. 

Salah satu ornamen unik dari gedung tua ini ada pada langit - langitnya yang digantungi hiasan spiral berwarna merah. Hiasan spiral yang bentuknya mirip dengan obat nyamuk bakar ini ternyata dupa yang akan dibakar saat waktunya berdoa. 

Rumah - rumah pedagang dari masa lampu juga masih berdiri dan apik hingga saat ini. Salah satunya rumah Tan Ky yang dibangun sejak akhir abad ke-18. Tan ky merupakan pedagang kaya dari Hoi An. Ia membangun rumahnya dengan memfungsikan bagian depan sebagai toko dan bagian belakang sebagai tempat tinggal. Keturunan Tan Ky kini masih tinggal di rumah ini. 

Rumah Tan Ky merupakah salah satu rumah tua yang paling cantik dan terawat di Hoi An. Saat mengunjungi rumah ini kita akan disambut dengan teh dan guide yang akan memberi penjelasan seputar sejarah rumah. Rumah ini telah mengalami bencana beberapa kali termasuk terendam banjir. Rumah Tan Ky jelas termasuk bangunan bersejarah yang wajib anda kunjungi di Hoi An.

BACA JUGA:

ALAMAK, Begini Pengalaman Makan Bento Isi 3 Kg Spaghetti & Bakso

RESEP NENEK: Lengkapi Makan Siang Anda dengan Ayam Bakar ala Bali atau Ayam Bakar Plecing Kangkung

Tak cuma rumah dan gedung dua, ruko dan toko - toko di Hoi An juga berbentuk cantik serta kuno. Anda juga tak memerlukan tiket untuk mengunjunginya. Bisa dibilang hampir semua bangunan di Hoi An instagrammable dan cocok dijadikan spot selfie. Bangunan tua dan bersejarah ini kini banyak yang berubah menjadi toko pakaian, suvenir, coffee shop, dan restoran. Hang out di gedung tua rasanya lebih berkesan daripada hang out di tempat - tempat modern. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini