BACKPACKER DIARY: Kenalan dengan Bermacam Dessert Korea, Tteok jadi Jajanan Terkenal

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 25 September 2017 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 23 406 1781743 backpacker-diary-kenalan-dengan-bermacam-dessert-korea-tteok-jadi-jajanan-terkenal-fixQxMHwdx.jpg

TRAVELLING ke Korea mesti siap dengan makanannya yang sudah tentu beda dengan masakan Indonesia. Meski di Korea bisa ditemukan beberapa restoran halal, jangan takut juga untuk mengeksplor kekayaan kuliner Korea. Salah satunya dessert. Korea punya bermacam dessert yang tak cuma enak tapi dikemas lucu dan menarik. Yuk kenalan dengan dessert Korea sebelum jalan - jalan kesana.

Dessert asal Korea yang paling terkenal mungkin hanya Patbingsoo. Selain mudah ditemukan di Indonesia, Patbingsoo juga terlihat mirip dengan dessert asal Tiongkok dan Taiwan yang sempat booming lebih dulu. Namun ternyata Korea punya bermacam dessert yang menunggu dicicipi saat anda berpetualang kesana. Desert Korea ini  dikemas lucu sehingga cocok dijadikan oleh-oleh juga.

1. Hwagwaja

Sesuai namanya yang berarti flower cake atau cake bunga, Hwagwaja sengaja dibentuk menyerupai bunga lengkap dengan buah dan daunnya. Terlihat lebih seperti karya seni daripada makanan penutup, Hwagwaja pada zaman dulu dibuat untuk keluarga kerajaan Korea. 

Hwagwaja sebenarnya mirip dengan kue mochi namun ukurannya lebih besar. Kue yang terbuat dari tepung beras manis ini memiliki isi yang bermacam mulai dari kacang merah, madu, wijen, kacang, kentang manis hingga agar - agar. Hwagwaja tak selalu dibentuk mnyerupai bunga namun bisa juga bentuk lain seperti kerang atau labu, sesuai kreativitas pembuatnya. Hwagwaja dijual dalam set seukuran kotak cokelat. Cocok untuk hadiah dan oleh - oleh..

Cara terbaik menikmati dessert handmade ini adalah sambil minum teh hijau/ matcha untuk mengimbangi rasa manisnya. Hwagwaja juga termasuk sehat karena hanya mengandung 110 kalori.

2. Tteok

Tteok atau rice cake bisa dibilang sebagai jajanan Korea yang paling terkenal. Dessert ini cocok bagi anda yang tak begitu cocok dengan makanan manis. Tteok dijual dalam beragam bentuk namun yang paling terkenal adalah Seongpyeon yang berbentuk bulan setengah. Seongpyeon biasa dinikmati saat festival panen musim gugur. 

Dari segi penampilan Tteok selalu berhasil mengundang selera. Tteok biasanya dijual dalam warna hijau, merah jambu dan putih dengan bermacam filling seperti kacang, wijen serta kacang mede. Rasanya manis dan lembut. hmmm....jadi laper deh. Tteok bisa ditemukan di supermarket, pasar tradisional maupun toko  oleh - oleh.

3. Danpatjuk

Danpatjuk merupakan bubur kacang merah manis. Dessert ini cocok dikonsumsi saat flu atau udara dingin namun juga cocok sebagai makanan penutup. Danpatjuk terbuat dari pasta kacang merah, tepung beras ketan manis, kacang dan cinnamon. Cara makannya dengan disantap seperti sup. Rasanya sungguh manis dan mengenyangkan, pas untuk menutup hidangan berat yang telah dimakan sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini