Tak Hanya Jepang, Kamu Juga Bisa Menikmati Bunga Sakura di Korea Selatan

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 25 September 2017 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 25 406 1782347 tak-hanya-jepang-kamu-juga-bisa-menikmati-bunga-sakura-di-korea-selatan-IaGon4Hjo9.jpg Festival Bunga Sakura (Foto: Sabra Sathilla)

APA yang membuat Anda tertarik traveling ke Korea Selatan?. Wisata kuliner, belanja dan mengunjungi lokasi syuting drama Korea pastinya. Satu alasan lainnya adalah untuk menikmati keindahan bunga sakura saat festival musim semi. Festival musim semi bisa dinikmati di Seoul maupun Busan. Namun lokasi festival musim semi terbesar di Korea sebenarnya berada di Jinhae, kota Changwon, propinsi Gyeongsangnam.

Bunga sakura selalu identik dengan Jepang. Namun ternyata bunga pink cantik ini juga mekar di berbagai kota di Korea Selatan. masyarakat Korea juga merayakan mekarnya bunga sakura dengan menggelar festival bunga sakura. Karena bunga sakura hanya mekar selama satu minggu saat musim semi, festival juga diadakan dalam kurun waktu satu minggu hingga sepuluh hari saja. Festival musim semi di Jinhae dikenal sebagai festival bunga sakura terbesar di Korea Selatan.

Di distrik Jinhae, kota Changwon, propinsi Gyeongsangnam ini festival bunga sakura atau Jinhae Gunhangje digelar pada sepuluh hari pertama bulan April. festival bunga sakura di Jinhae digelar lebih awal karena bunga sakura lebih dulu mekar di Jinhae daripada di Seoul. Jinhae terletak di sebelah selatan Korsel sementara Seoul terletak di bagian utara.

Saat festival bunga sakura digelar di Jinhae, jalanan serasa diatapi pohon sakura. Pohon - pohon sakura tumbuh berderet di sepanjang jalan dan trotoar, menghujani para pengunjung dengan bunga sakura yang berwarna pink pucat. Begitu pun di antara pasar, jembatan dan taman. dimana-mana tampak turis yang sedang mengabadikan momen ini lewat kamera dan berfoto selfie.

Festival bunga sakura di Jinhae diadakan di Jungwon rotary dan pusat kota Jinhae. dua spot di Jinhae yang paling direkomendasikan untuk menikmati keindahan bunga sakura yaitu di Yeojwacheon stream atau romance bride dan stasiun kereta Gyeonghwa. di romance bridge para pengunjung bahkan bisa turun ke bawah jembatan. sementara di stasiun kereta Gyeonghwa pengunjung bisa berfoto di antara rel kereta api yang dihujani bunga sakura serta mengambil foto klasik kereta di tengah pohon sakura. suasana di kedua tempat ini pastinya romantis. Saat festival berlangsung juga ada berbagai kios yang menjual makanan dan jajanan khas korea seperti manisan buah strawberry cokelat, odeng, corndog dan toppoki. mencicipi makanan dan jajanan sambil duduk di bawah pohon sakura terasa seperti adegan di anime dan manga.

 

Jangan lewatkan juga parade militer dan parade budaya di Jinhae. parade militer digelar karena Jinhae merupakan tempat berdirinya akademi angkatan laut Korea Selatan. dalam parade budaya para peserta karnaval memakai pakaian tradisional ala dinasti Joseon. Sungguh atraksi yang sangat menghibur.

 

Jinhae bisa dicapai dengan menggunakan Intercity Bus dari Nambu Bus Terminal Seoul. perjalannya memakan waktu sekitar 4-5 jam. Bisa juga menggunakan kereta KTX rute Seoul - Busan selama 2,5 jam lalu dilanjutkan dengan naik bus dari Seobu bus terminal Busan menuju ke Jinhae dengan waktu tempuh selama 1 jam.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini