Keren! 5 Kota Ini Terbentuk dari Proses Alam yang Fenomenal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 27 406 1783746 keren-5-kota-ini-terbentuk-dari-proses-alam-yang-fenomenal-0KDn6L1k7w.jpg Kota Guadix Jerman (Foto: Ist)

SEBUAH kota biasanya dibangun dengan kecanggihan yang memudahkan penduduknya. Semakin baik kondisi kota, maka semakin sejahtera masyarakat di dalamnya.

Nah, bicara mengenai konsep pembangunan kota, tentunya kota modern menjadi salah satu yang diincar banyak negara. Tapi, apa jadinya kalau kota yang Anda tempati akan selalu seperti itu tanpa bisa diotak-otik. Seperti yang terjadi dengan 5 kota di dunia ini.

Salah satu alasan kenapa tidak bisa diubah banyak penampakan kotanya adalah karena 5 kota ini muncul karena proses alam. Jika ada perubahan, tentunya akan mengubah kontur alam dan juga menghilangkan keindahan dari kota itu sendiri.

Kota Kandovan

Seperti kerajaan semut, kota kecil ini berada 55 Km dari Kota Tabriz, Iran. Kenapa seperti kerajaan semut, sebab jika Anda melihatnya sekilas maka akan melihat rumah-rumah yang terbuat dari gundukan tanah dengan lubang-lubang di dindingnya.

Nah, keunikan lainnya dari kota ini ialah Kota Kandovan dibangun dengan melubangi bebatuan vulkanik lunak dari muntahan material gunung berapi Sahand ratusan tahun silam. Kota ini sudah dibangun sejak abad ke-13.

Stockholm

Tidak seperti Kota Kandovan, Stockholm bukan kota dengan bentuk bangunan yang unik. Yang membuat kota ini spesial adalah ternyata Stockholm berdiri karena susunan dari 25.000 pulau di tepi Laut Baltik.

Jika berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak sekali jembatan. Padahal, kota ini tidak membangun kanal-kanal seperti di Amsterdam. Tentu tidak semua pulau diberi jembatan penghubung satu sama lain. Hanya pulau-pulau besar dan penting saja yang saling terhubung.

Sedikit informasi, pulau-pulau ini dulunya daratan yang tanahnya digerus gletser salju selama ribuan tahun yang kemudian menyisakan batuan granit yang menjadi pulau.

Kota di Danau Titicaca, Peru

Mungkin kota ini tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, pulau terapung ini merupakan hasil karya masyarakat Suku Uros di Peru. Mereka membuat pulau terapung itu dengan mengikat ilalang yang jumlahnya tak terhingga. Suku Uros punya 42 daratan mengapung atau biasa disebut pulau. Setiap pulau punya beberapa rumah yang jumlahnya tidak sama..

Perlu Anda ketahui, peperangan dengan Suku Inca di abad ke-13 membuat Suku Uros melindungi diri di tengah danau dengan pulau buatan ini. Mereka harus memperbaiki ilalang setiap bulan. Salah satu alasannya adalah karena ilalang yang menjadi daratan mereka mudah membusuk.

Kota Nordlingen Jerman

Jika melihat kota ini dari udara bentuknya bulat. Terkait dengan infrastrukturnya, akhirnya kota ini punya jalanan unik yaitu melingkari bagian terluar dan juga jalanan pusat lingkaran yang ada di sentral pulau.

Nah, bagaimana bisa sebuah kota berbentuk lingkaran sempurna? Berdasar penelitian yang dilakukan, ternyata diketahui bahwa kota berpenduduk 20 ribu jiwa ini dibangun di dalam kawah berdiameter 25 km. Kawah itu sendiri merupakan bekas tumbukan meteor yang terjadi 14,5 juta tahun silam.

Kota Guadix

Ternyata kerajaan semut tidak hanya ada di Iran, Spanyol pun punya. Adalah Kota Guadix. Untuk menjangkau lokasi ini, Anda harus menuju 50 km dari Granada. Jika di Iran kotanya terbentuk dari bebatuan vulkanik, Kota Guadix adalah kota dalam gua di pegunungan Sierra Nevada.

Di kota itu Anda akan menemukan labirin berisi 2.000 rumah yang dibangun sejak abad ke-16 oleh orang-orang Muslim Moor ketika berperang dengan kristiani Spanyol.

Kota ini sekarang dilengkapi pipa air, listrik, dan bahkan internet. Ketika musim panas di kota lainnya di Spanyol menyengat dengan suhu 40 derajat Celcius, suhu di Kota Guadix tetap stabil di 20 derajat Celcius. Luar biasa bukan?

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini