Terungkap! Lokasi Sumber Air Minum Paling Murni di Dunia, Posisinya Dekat Greenland

Muhammad Sukardi & Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 406 1789082 terungkap-lokasi-sumber-air-minum-paling-murni-di-dunia-posisinya-di-dekat-greenland-ecCnoeriQh.JPG

SELAMA ini mungkin Anda meyakini bahwa pegunungan tropis dan perut bumi merupakan sumber air minum yang paling baik kualitasnya. Faktanya, dua sumber air tersebut bukan yang paling baik dalam menghasilkan air minum.

Dilansir dari BBC Travel, Kamis (5/10/2017), ada lokasi lain yang menyimpan sumber air minum yang paling murni. Adalah pegunungan es yang membeku di Qikiqtarjuaq, Nunavut, Kanada.

Es-es di sana berhenti mengalir dari Selat Davis ke selatan karena terhalang perairannya yang terbilang dangkal. Gunung es di sekitar Nunavut telah terbentuk selama ribuan tahun. Saat salju turun, salju di bawahnya membuat es semakin solid dari waktu ke waktu lalumengubah teksturnya menjadi lapisan es kristal.

(Baca Juga: Zam-Zam, Panglima dari Segala Air)

Dari lapisan es inilah gletser berasal. Karena arus yang kuat, banyak gunung es dari daerah lain di Kutub Utara berakhir di Nunavut dan menjadikannya ibu kota gunung es dunia.

"Es dan udara, itulah dasarnya. Air yang berasal darinya sangat murni, sudah dipercaya banyak pihak dan pembuatannya itu ribuan tahun yang lalu. Sehingga membuat bakteri yang tumbuh di dalamnya sangat sedikit," jelas Derek Mueller, seorang ahli glasiologi dari Universitas Carleton Kanada.

Air es tidak memiliki mineral tertentu dan tentu berbeda dengan air tanah yang bergerak naik melewati lapisan bumi. Karena tidak memiliki banyak kandungan mineral dan tentunya bakteri yang ada pun sangat minim, membuat air di pegunungan ini sangat murni.

Yang perlu Anda ketahui, orang-orang di Qikiqtarjuaq mengumpulkan air tersebut langsung dari gunung es. "Begitulah cara kita membuatnya (mengambil air minum). Itu bagian dari budaya dan kita harus menghormatinya. Memotong es, mencairkan, lalu meminumnya," kata Mary Killiktee, wali kota perempuan pertama di Qikiqtarjuaq.

(Baca Juga: Keunikan Molekul Air Zamzam yang Mengejutkan)

Sementara itu, berlokasi jauh dari “kehidupan” membuat masyarakat di lokasi ini sangat kecil. Setidaknya tidak lebih dari 500 orang jumlah penduduknya dan mereka semua saling mengenal.

Bicara mengenai kota kecil, tempat keberadaan air minum paling murni ini, ternyata lokasi ini merupakan pulau kecil bernama Qikiqtarjuaq yang secara harfiah berarti pulau besar tepat di lingkaran wilayah Arktik.

Qikiqtarjuaq juga merupakan salah satu komunitas di wilayah Nunavut yang paling dekat dengan Greenland di Taman Nasional Auyuittuq. Bagaimana, berencana mengunjungi lokasi ini dan menyicipi air minum paling murni sedunia?

(Baca Juga: Rasa Tawar Air Hujan Dijelaskan dalam Alquran dan Sains)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini