UNCOVER INDONESIA: Pulau-Pulau Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia

Sindonews, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 11 406 1793483 uncover-indonesia-pulau-pulau-eksotis-yang-jarang-dijamah-manusia-KyOMMbokZl.jpg

DERETAN pulau-pulau eksotis yang jarang dikunjungi manusia tak hanya tersaji di belahan dunia lain. Di Indonesia, masih banyak tempat serupa, meski sudah tak bisa disebut pulau perawan. Di mana saja lokasinya?

1. Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau. Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perizinan.

2. Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan pulau di Selat Panaitan Kabupaten Pandeglang, Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.

(Baca Juga: Terungkap! Misteri di Balik Bau Menyengat dan Rasa Durian yang Tajam)

3. Pulau Sebuku

Pulau Sebuku adalah sebuah pulau yang terletak di selat Sunda yang terletak di sebelah selatan perairan Kabupaten Lampung Timur. Pulau ini letaknya berada di sebelah utara dari pulau Sebesi dan timur Pulau Serdang dan Pulau Legundi.

4. Pulau Mandalika

Mandalika adalah sebuah pulau kecil di Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara pantai utara Jawa Tengah. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah utara Desa Ujung Watu, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari desa tersebut. Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam.

(Baca Juga: Mantap! Raja dan Ratu Belgia Kagumi Artefak Kuno Indonesia)

5. Pulau Biak

Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar di antara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. Secara administratif, Pulau Biak terbagi atas 2 kabupaten: bagian barat merupakan wilayah Kabupaten Supiori, sedangkan bagian timur bagian dari wilayah Kabupaten Biak Numfor.

(Baca Juga: VIRAL! Video Efek Retak Jembatan Kaca di China Menuai Reaksi Keras dari Masyarakat)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini