Liburan Seru ala Jokowi, dari Mulai Melancong ke Raja Ampat hingga ke Kebun Binatang Ragunan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 12 406 1793827 liburan-seru-ala-jokowi-dari-mulai-melancong-ke-raja-ampat-hingga-ke-kebun-binatang-ragunan-vXzON7JjzR.jpg Jokowi ke Raja Ampat (Foto: Ist)

MENJADI seorang pemimpin negara tentunya tanggung jawab yang sangat besar. Beban rakyat dan negara ada di salah satu pundak sang presiden. Tapi, presiden juga manusia. Liburan mah harus!

Begitu juga yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Walau sibuk mengurusi negara, dia tetap liburan ke beberapa destinasi. Kemana saja?

Apakah Anda masih ingat cerita Jokowi di Raja Ampat? Momen pergantian tahun dari 2015 ke 2016 adalah momen yang mungkin bersejarah bagi sang presiden. Raja Ampat, Papua, menjadi lokasi dirinya menghabiskan 2015.

Fotonya yang sedang menikmati matahari terbit itu kemudian viral di media sosial. Sedikit informasi, kala itu, Jokowi berfoto di sebuah dermaga pantai Pulau Waigeo, Raja Ampat, Papua.

Sementara itu, Jokowi melakukan perjalanan kerja kedua kali bersama keluarga saat ke luar negeri, yakni ke Turki dan Jerman. Ketiga, Jokowi terlihat jalan-jalan dengan rombongan yang sama ke Taman Margasatwa Ragunan menghabiskan libur akhir pekan.

 Berikut cerita lengkapnya:

Jokowi dan Keluarga di Raja Ampat

Menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia, Raja Ampat akhirnya menjadi lokasi Presiden Jokowi berjalan santai di awal 2016. Bibir Pantai Waiwo, Raja Ampat, Papua menjadi tempat Jokowi menikmati alam nan indah di sana. Terlebih, keindahan matahari terbenam dan terbitnya yang memukau menjadi keistimewaan lokasi tersebut.

Jokowi yang mengenakan kemeja warna putih dan kain sarung, terlihat berjalan tanpa menggunakan alas kaki di sisi dermaga. Dia lalu duduk bersila sambil melihat ke arah laut ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Matahari pun perlahan mulai terlihat. Matahari pertama di 2016. Jokowi terlihat santai menyaksikan matahari terbit itu sambil berbincang dengan Kaesang. Sementara Kaesang yang mengenakan pakaian olahraga itu sibuk memotret ayahnya dengan latar belakang matahari terbit.

Suasana nampak berlangsung santai dan cair. Sesekali Jokowi menggoda Kaesang yang tengah sibuk mengabadikan momen terbitnya matahari pertama di 2016 itu.

Jokowi memilih merayakan tahun barunya di Raja Ampat, setelah serangkaian kunjungannya ke beberapa tempat di Papua dan berbaur dengan masyarakat.

Setelah menikmati sunrise, Presiden Jokowi bertolak ke Teluk Pianemo, Raja Ampat. Jokowi ingin menikmati suasana awal tahun 2016 di ikon Raja Ampat tersebut.

Ibu Negara Iriana Widodo dan dua anaknya, yakni Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu juga ikut dalam perjalanan ke Teluk Pianemo ditemani Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Singkat cerita, setelah melihat kecantikan alam Papua, Presiden Joko Widodo menjelaskan, Raja Ampat harus menjadi lokasi wisata yang ekslusif, sehingga situs-situs wisatanya tetap terjaga.

Diakuinya untuk berwisata ke kawasan Raja Ampat memang cukup menguras isi kantong. Sebut saja, untuk berkeliling pulau-pulau di Raja Ampat membutuhkan dana hingga puluhan juta rupiah. Tapi, pengalaman tak ternilai akan menjadi hadiah terbaiknya!

Jokowi dan Keluarga ke Turki dan Jerman

Keluarga Presiden Joko Widodo juga terlihat ikut dalam lawatan ke Turki dan Jerman bulan Juli lalu. Meski mereka ikut dalam pesawat kepresidenan, tetapi biaya perjalanan ditanggung sendiri oleh Presiden Jokowi, lho!

Dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Turki dan Jerman itu, Presiden Jokowi mengajak lima orang anggota keluarganya. Mereka adalah dua orang putra dan satu orang putri Presiden, satu orang menantu dan satu cucu. Komplit, ya. Hehehe

Jokowi dan Keluarga ke Taman Margasatwa Ragunan

Presiden Joko Widodo ternyata pernah ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, lho. Dia ke sana didampingi Ibu Negara Iriana dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu serta Kaesang Pangarep.

Jokowi dan kedua anaknya terlihat kompak mengenakan setelan putih. Sedangkan Iriana mengenakan pakaian merah muda.

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu tampak santai melihat-lihat satwa di kebun binatang berusia 152 tahun itu. Sesekali dia tersenyum di tengah liburan bersama keluarganya.

Yang perlu Anda ketahui, ternyata kunjungan Presiden Jokowi ke Taman Margasatwa Ragunan terbilang mendadak. Meski begitu, pengamanan tetap dilakukan sesuai prosedur. Jokowi beserta rombongan diketahui tetap membayar tiket masuk ke Ragunan, sama seperti pengunjung lainnya saja.

Jokowi sendiri sudah 3 kali berkunjung ke Ragunan. Tetapi ini kali pertama Jokowi datang sebagai Presiden RI. Pastinya sensasinya berbeda! Hehe

Terlepas dari sebuah kunjungan kerja atau bukan, rasanya wajar kalau akhirnya presiden curi-curi waktu untuk penyegaran. Ya, sekadar pelesiran singkat rasanya cukup. Seperti Jokowi ini.

Jadi, meski pekerjaan menumpuk, liburan tetap harus, ya. Biar tidak stres dan akhirnya menjalani pekerjaan setelahnya pun tidak dengan beban yang berat.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini