Kemana Perginya Sisa Sabun Hotel Tak Terpakai? Ini Jawabannya!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 15 Oktober 2017 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 15 406 1795719 kemana-perginya-sisa-sabun-hotel-tak-terpakai-ini-jawabannya-8W5tYSCRyq.jpg Sabun Daur Ulang (Foto: Dinno/Okezone)

HOTEL tempat kita menginap biasanya menyediakan fasilitas sanitasi lengkap berupa alat mandi. Mulai dari sabun, sampo hingga pasta gigi.

Perlengkapan mandi tersebut seringkali hanya digunakan satu atau dua kali dan masih banyak tersisa. Begitu para tamu meninggalkan hotel, standar operasionalnya memang harus dibuang.

Pernah terbesit di benak Anda kemana perginya sisa sabun itu? Dibuang dan hanya jadi limbah?

"Tercatat setiap bulan ada sekira 120 kilogram sisa sabun yang terbuang," ungkap Thierry Gasnier GM The Kuta Beach Heritage Hotel Bali, group Accor Hotel Bali Lombok saat ditemui Okezone di Beach Walk, Bali, belum lama ini.

Bisa dibayangkan banyak limbah sabun yang dihasilkan dan mencemari lingkungan setiap hari? Apalagi di kawasan wisata seperti Bali dan Lombok yang tersedia begitu banyak hotel.

Oleh karena itu ada sebuah gagasan untuk mendaur ulang sabun bekas sisa tamu hotel. Tak disangka, ternyata sabun sisa hotel masih bisa digunakan kembali, didaur ulang melalui proses sanitasi sesuai standar, sehingga aman untuk digunakan kembali.

"Limbah sabun masih bisa digunakan kembali. Karena yang kotor itu di lapisan luar sabun saja dan jika dikeruk, bagian dalamnya masih higienis dan bisa digunakan," tambahnya.

Ada pun langkah-langkah membuat daur ulang sabun sebagai berikut ini.

Langkah 1

Proses mendaur ulang sabun rupanya tak semudah yang dibayangkan. Sisa sabun hotel yang sudah dikumpulkan, dikikis bagian luarnya. Setelah bersih, sabun dicincang kecil dan disatukan dengan sabun lain yang sudah higienis.nKemudian sabun direndam di dalam air yang sudah diberi cairan sanitasi selama 10 detik.

"10 detik saja sudah cukup. Cairan sanitasinya memang sengaja dibuat khusus untuk menetralisir kuman dan bakteri. Sehingga sabun ini kembali seperti baru," tambahnya.

Langkah 2

Agar sabun bekas tadi memiliki fungsi tambahan. Diberikan juga campuran bahan alami seperti kopi bubuk, air lemon, batang serai, daun pandan, jeruk nipis, kulit jeruk dan jahe.

"Bahan tambahan yang digunakan itu cukup mudah ditemui di lingkungan sekitar dan punya khasiat tambahan. Kalau serai itu bisa menghalau nyamuk, bubuk kopi bisa buat scrub dan masih banyak khasiat lainnya dari bahan alami," kata dia.

 

Langkah 3

Sabun yang sudah dicampur bahan tambahan, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan akan di press menjadi bentuk kotak. Sabun yang sudah dibentuk, kemudian di jemur selama 6 jam agar kering, menyatu dan tidak mudah hancur. Setelah itu sabun bisa digunakan dengan khasiat barunya.

"Sabun-sabun daur ulang ini akan kami berikan untuk mereka yang membutuhkan. Karena masih banyak warga di daerah yang masih minim untuk kebutuhan sanitasi. Daripada jadi limbah lebih baik jadi sesuatu yang bermanfaat," pungkasnya.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini