Share

Tips Mudah Atasi Jet Lag, Duduk Dekat Jendela

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 17 406 1797199 tips-mudah-atasi-jet-lag-duduk-dekat-jendela-LKROFNgeKt.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

PESAWAT terbang adalah moda transportasi yang seringkali dipilih untuk melakukan perjalanan ke tempat yang jauh. Entah itu beda negara atau beda benua. Walaupun begitu, ada masalah yang sering dialami oleh mereka yang sering bepergian dengan pesawat maupun tidak. Masalah itu adalah jet lag.

Jet lag biasanya membuat seseorang kesulitan untuk tidur. Bahkan dalam tingkat yang lebih tinggi bisa memicu penyakit seperti sakit kepala atau perubahan mood yang tidak mengenakkan. Maka tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi jet lag agar bisa menikmati rencana perjalanannya.

Sekadar informasi, jet lag adalah gejala yang terjadi karena harus beradaptasi dengan perubahan waktu. Menurut seorang pakar tidur, Dr Breus, kondisi ini bisa diatasi dengan cara yang mudah. Saat memesan penerbangan, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela pesawat. “Jika seseorang duduk dekat jendela, secara tidak sadar ia dapat mengendalikan tubuhnya terhadap paparan cahaya. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah beradaptasi,” ujar Dr Breus seperti yang dikutip dari Express, Selasa (17/10/2017).

Akan tetapi, tidak sembarang tempat duduk dekat jendela yang bisa Anda pilih. Dr Breus menyarankan agar Anda memesan tempat duduk sesuai dengan sisi biasa Anda tidur. “Jika Anda biasa tidur di sebelah kanan, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela sebelah kanan,” tambah Dr Breus.

Selain membantu terhindar dari jet lag, tempat duduk di dekat jendela membuat Anda merasa lebih nyaman. Tidak ada orang yang hilir mudik selagi Anda tidur ataupun menonton tayangan hiburan karena ingin ke toilet.

Cara lain yang disarankan oleh NHS untuk mengatasi jet lag adalah menghabiskan waktu di luar ruangan hingga waktu tidur tiba. Cahaya di siang hari bisa membantu tubuh menyesuaikan diri dengan rutinitas baru setelah melewatkan perjalanan yang panjang. Menghabiskan waktu di luar ruangan secara tidak langsung juga memaksa tubuh Anda mengubah jam biologis tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini