Keren! Pria Ini Buka Perpustakaan & Peminjaman Buku di Puncak Gunung Penanggungan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 25 406 1801870 keren-pria-ini-buka-perpustakaan-peminjaman-buku-di-puncak-gunung-penanggungan-E0XDe7rga7.jpg Perpustakaan di Gunung (Foto: Instagram/Gunung Indonesia)

SEBAGIAN besar anak muda zaman sekarang alias generasi milenial pasti menyukai wisata yang menantang adrenalin dan terkesan berpetualang. Kesenangan tersebut akhirnya berubah menjadi tren, sehingga mal pun lantas ditinggalkan perlahan.

Mendaki gunung hingga menyelami lautan jadi hobi baru yang tengah digandrungi banyak generasi milenial. Hal tersebut terbukti dari banyaknya beredar foto-foto di media sosial, seperti instagram.

Hobi mendaki gunung yang belakangan ini santer terdengar menimbulkan banyak efek pada berbagai bidang kehidupan dan lingkungan. Bagi pendaki yang bijak, mendaki gunung dijadikan wisata petualangan yang tidak hanya untuk menikmati alam dan pemandangan langit, tapi juga mengedukasi masyarakat serta pendaki lainnya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan gunung.

Sementara, bagi pendaki lainnya yang hanya menikmati alam, kadang kelestarian lingkungan dan kebersihannya tidak mereka pedulikan. Akhirnya, lingkungan sekitar gunung penuh sampah dan bahkan bunga edelweis yang dilindungi pun dipetik.

Terlepas dari ragam pendaki yang ada, salah satu yang unik ialah pendaki yang mencapai puncak Gunung Penanggungan. Jika pendaki lainnya hanya membawa peralatan mendaki dan kebutuhan logistik, pendaki yang satu ini memiliki konsep mendaki yang tidak biasa.

Mengintip dari akun instagram @gunungindonesia, Rabu (25/10/2017), pendaki Gunung Penanggungan yang juga pemilik akun @reza_arivianto, membawa koleksi buku-bukunya ke puncak gunung. Dalam keterangan fotonya, ia menuliskan awal mulanya dari hobi yang suka mengoleksi buku dan mendaki gunung.

Kemudian, ide untuk membawa beberapa koleksi buku ke puncak gunung pun muncul. Akhirnya, ketika ia bersama teman-temannya berencana mencapai puncak Gunung Penanggungan pun buku-buku ia bawa turut serta dalam pendakiannya. Di atas puncak Gunung Penanggungan pria ini membuka lapak gratis bagi para pendaki untuk membaca buku daripada sekadar berdiam diri dalam tenda dan bingung mau melakukan kegiatan apa.

Mountain Library yang digagas oleh Reza dan teman-teman pun sukses. Ia kini berencana akan membuka lapak baca buku lagi di puncak-puncak gunung yang lainnya. Jadi, kalau Anda melihat ada pendaki yang menggelar buku-buku di depan tenda, pastilah itu Reza dan lapak bukunya 'Mountain Library', jangan segan untuk meminjam dan membaca buku sambil menikmati keindahan alam di puncak gunung.

Salam Lestari dan Salam Literasi!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini