Share

Selain Masuk Daftar 10 Bali Baru, Danau Toba Bakal Dicanangkan Situs Unesco

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 29 406 1804483 selain-masuk-daftar-10-bali-baru-danau-toba-bakal-dicanangkan-situs-unesco-ZmGGhMrIMo.jpg Danau Toba (Foto: Istimewa)

Destinasi Danau Toba masuk ke dalam daftar 10 Bali Baru. Ada alasan yang membuat objek wisata ikonik di Sumatera Utara ini masuk daftar tersebut.

Seperti kita tahu, kepopuleran Danau Toba sudah dikenal wisatawan sejak lama. Tapi hingga saat ini, destinasi ini belum mampu menarik perhatian ribuan wisatawan mancanegara. Karena itu, pemerintah mulai mengembangkan kembali Danau Toba agar dilirik lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dari destinasi yang mencakup 10 Bali Baru, 5 di antaranya destinasi wisata yang sudah dikenal lama. Seperti Danau Toba, Borobudur dan Gunung Bromo.

"5 destinasi ini kita revitalisasi, ini sudah sangat terkenal tapi jumlah wisatawan mancanegaranya kecil," katanya di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, kemarin.

Tak hanya itu, Menpar Arief juga melihat adanya perbedaan jumlah wisatawan nusantara yang naik signifikan. Di tahun 2016 wisatawan domestik yang berkunjung ke Danau Toba hanya sebesar 30.000 orang. Sementara itu, di tahun 2017 jumlahnya naik menjadi 120.000 wisatawan.

"Ya bagus sekali perkembangannya naik 4x lipat dari semester pertama tahun 2016 dan semester pertama tahun 2017," tambahnya.

Untuk menaikkan jumlah wisatawan yang signifikan, Menpar Arief menggunakan rumus 3A (Amenitas, Atraksi dan Akses). Adanya rumus atraksi misalnya bertujuan untuk mewujudkan daya tarik destinasi berupa alam, budaya dan buatan.

Sementara akses, memacu pada kemudahan dan kecepatan untuk menuju destinasi. Amenitas terkait dengan ketersediaan sarana transportasi dan homestay atau hotel sebagai akomodasi wisatawan.

Bahkan, Danau Toba juga akan dicanangkan sebagai situs UNESCO. Adapun persyaratannya mulai digodok dan tunggu hasilnya lolos atau tidak pada tahun depan.

"Ke depan mudah-mudahan Danau Toba masuk jadi situs warisan UNESCO. Karena ini danau terdalam di dunia, kita doakan saja," pungkasnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini