SHARE LOCK: Mitos Mandi di Air Terjun Binangalom Sumatera Utara, Bikin Enteng Jodoh & Awet Muda

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 29 406 1804484 share-lock-mitos-mandi-di-air-terjun-binangalom-sumatera-utara-bikin-enteng-jodoh-awet-muda-P5K1KBLhL6.jpg Air Terjun Binangalom (Foto: Devi/Okezone)

MENYAMBANGI Sumatera Utara agaknya tak lengkap jika tidak menginjakkan kaki di Toba. Area yang dikenal dengan danau terbesar se-Asia Tenggara ini menyimpan berbagai keindahan yang menawarkan eksotismenya sendiri. 

Jika kebanyakan air terjun mengalirkan air dari permukaan yang lebih tinggi ke daratan yang lebih rendah. Maka ada beberapa air terjun yang unik dan antimainstream karena airnya mengalir langsung ke laut atau ke danau.

Di Sumatera Utara tepatnya di Danau Toba ada salah satu air air terjun yang airnya mengalir deras langsung ke danau Toba. Karena keunikannya ini, air terjun tampak sangat eksotis dengan pesonanya yang tak biasa.

Untuk bisa tiba di Toba, Anda bisa memilih berbagai alternatif transportasi baik darat maupun udara. Jika menumpang pesawat maka Anda bisa memilih penerbangan menuju Bandara Silangit. Dari Bandara, perjalanan dilanjutkan menuju Parapat untuk bisa menyebrang menggunakan kapal. Kapal ini khusus kapal sewa karena kapal penumpang tidak bisa mengantar Anda untuk bisa menikmati keindahan air terjun Binangalom.

Kapal mesin bermuatan hingga 25 orang ini kemudian akan melaju membelah arus danau Toba untuk bisa sampai di titik air terjun. Setidaknya dibutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Selama perjalanan berlangsung, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Gugusan tebing hijau ditumbuhi pepohonan hijau, hamparan air danau toba hingga birunya langit siap menghempaskan segala penat yang ada di kepala.

Setelah menempuh perjalanan yang ditemani hembusan angin ini, tak lama Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang langsung bisa dinikmati. Bukan hanya bisa dilihat, semakin dekat Anda dengan air terjun semakin terasa sejuknya karena partikel air berhamburan menepis wajah dan tubuh. Segar!

Menurut Nani, pemandu wisata yang juga asli Berdarah Batak, air terjun Binangalom ini memiliki arti aliran air atau sungai penyejuk hati. Berasal dari bahasa Batak yakni binanga yang artinya sungai atau aliran air dan lom yang artinya penyejuk hati.

Jika kapal yang Anda tumpangi sudah merapat di dermaga sekitar, jangan lupa mengabadikan gambar air terjun serta berswafoto sebagai dokumentasi pribadi yang layak dipamerkan di media sosial. Eits... Jika dengan berfoto saja tampak kurang menantang maka saatnya Anda merasakan segarnya air terjun yang bercampur air danau toba. Byuuuuur!

Dengan menggunakan pelampung, pengunjung bisa dan diperbolehkan berenang langsung di danau Toba di bawah tumpahan air terjun Binangalom. Bukan hanya segar dan seru, konon kabarnya mandi di bawah air terjun in bisa membuat enteng jodoh dan awet muda.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini