Gemas! Yuk Tengok Tingkah Laku Panda Chai Tao dan Hu Chun di Wisata Kawasan Puncak

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 01 November 2017 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 01 406 1806755 gemas-yuk-tengok-tingkah-laku-panda-chai-tao-dan-hu-chun-di-wisata-kawasan-puncak-kNsDdEvRqP.jpg Sepasang panda raksasa dari Tiongkok di rumah barunya di Indonesia (Foto: Dewi/Okezone)

SEPASANG panda raksasa Chai Tao dan Hu Chun telah melewati proses karantina dalam waktu satu bulan. Kini sepasang panda raksasa dari Tiongkok tersebut tinggal di rumah barunya.

Tepatnya di Istana Panda, Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat. Pastinya Anda sudah tidak sabar ingin melihat tingkah lucu sepasang panda ini. Setelah bulan lalu panda mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, dua ekor panda ini langsung diantar ke rumah barunya di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Okezone berkesempatan secara eksklusif menengok kembali dua ekor panda menggemaskan ini. Lagi-lagi tak sabar ingin melihat tingkah lucu mereka yang pastinya disukai banyak orang.

Kini dua panda itu resmi tinggal di Istana Panda, yang berada di ketinggian 1.800 mdpl. Cuacanya sangat sejuk, baik di pagi hari, siang, sore, hingga malam hari yang semakin dingin. Di rumah barunya ini panda tersebut mulai betah dan telah beradaptasi dengan lingkungan baru. Dijamin dia tidak mudah stres meski baru tinggal di Indonesia selama satu bulan.

Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang memandu langsung dan mengajak keliling ke seluruh area Istana Panda. Dia yakin kalau dua ekor panda yang telah dinantikan masyarakat ini betah dan sehat.

"Sekarang kami mendapatkan kesempatan untuk merawat panda dan menjadi tempat satu-satunya di Indonesia. Akhirnya kami menjadi rumah bagi satwa panda yang langka dan terbilang sebagai salah satu level paling tinggi untuk konservasi satwa," ujar Jansen di Istana Panda, kawasan Puncak, Jawa Barat, Rabu (1/10/2017).

Setelah dikarantina selama satu bulan, dua panda itu masih dinyatakan sehat. Mereka juga doyan makan bambu khas Indonesia yang ditanam di kawasan seluas 8 hektar.

Jansen mengungkapkan, setiba di Indonesia, panda-panda itu tampak lesu dan masih bingung dengan suasana baru. Nah, setelah penyesuaian, Chai Tao dan Hu Chun sudah tampak betah di habitat barunya.

"Kondisi panda sekarang sehat setelah cek kesehatan di laboratorium oleh dokter. Dulu adaptasinya masih tampak bingung, sekarang sudah betah karena sudah bisa makan sambil duduk dan tiduran," bebernya.

Panda ini bisa ditengok di lahan area 12.000 hektar dengan suasana Alam bebas. Wisatawan harus naik ke atas bukit untuk menyaksikan dua ekor panda asal Taman Nasional Wolong Tiongkok.

Saat Anda ingin mengunjungi rumah panda, telah disedikan shuttel bus khusus. Jarak dari shuttle ke atas bukit sekira 2,5 km. Namun, Anda tidak usah khawatir terlalu lama melihat panda karena aksesnya.

Jalanan menuju istana sudah dirancang rapi dan jalanan mulus, meski berkelok-kelok khas pegunungan. Sembari naik ke bukit, ada hamparan pohon hijau yang luas dan bukit hijau sejauh nata memandang.

Setiba di lokasi, ada bangunan besar dengan arsitektur khas Tiongkok. Rupanya bangunan ini dirancang oleh Jon Coe, seorang arsitektur bangunan yang profesional.

Saat masuk ke dalamnya, Chai Tao dan Hu Chun tidak langsung menyambut Anda. Di area bawah terdapat souvenir shop yang menjual aneka macam boneka dan aksesoris bertema panda menggemaskan.

Kemudian, naik satu lantai Anda bisa belajar dan mengenal seputar kehidupan panda di alam bebas. Bahkan, saat Anda mengunjungi Istana ini dibuat semirip mungkin habitat panda yang asli di Tiongkok.

Selain dua panda itu, ada juga hewan lain seperti unta, panda merah, kuda dan atraksi elang seperti di habitat panda sesungguhnya. Benar-benar serasa ada di Negeri Bambu saat mengunjungi panda ini.

Setelah puas belajar, saatnya Anda menjumpai Chai Tao dan Hu Chun. Pasti Anda tak sabar ingin melihat langsung dua panda menggemaskan ini.

Sebelumnya, Anda diwajibkan untuk menyaksikan perjalanan panda yang datang dari Tiongkok ke Indonesia pada bulan lalu. Lalu, barulah Anda diajak ke kandang panda lucu itu.

Benar-benar menggemaskan, saat Okezone menengok panda Chai Tao, si badan besar itu sedang tidur nyenyak di kandang. Karena tidak pas diambil gambar, akhirnya melihat ke bagian yang lainnya.

Lalu di mana Hu Chun si panda betina ya? Rupanya dia ada di kandang sebelah. Panda yang badannya lebih kecil dari Chai Tao diletakkan di alam terbuka. Pas Okezone mengintip tingkah lakunya, Hu Chun sedang makan bambu. Enak sekali rupanya!

Tingkah Hu Chun sangat menggemaskan dan lincah sekali. Meski dia tinggal di rumah barunya baru satu bulan lamanya.

Setelah itu, kembali lagi ke kandang Chai Tao. Ya, dia sudah bangun. Ayo bergegas lihat aksi menggemaskan giant panda ini.