OKEZONE WEEK-END: Bikin Merinding, Ini Gedung-Gedung Angker yang Ada di Indonesia!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 05 November 2017 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 406 1808104 okezone-week-end-bikin-merinding-ini-gedung-gedung-angker-yang-ada-di-indonesia-mN1obzgx9T.jpg Gedung Bekas Markas PKI (Foto: Ist)

SETIAP tempat pastinya memiliki cerita tersendiri, termasuk di dalamnya cerita yang berbau mistis alias misteri. Mulai dari rumah sakit, benteng, ataupun gedung perkantoran. Semua tidak luput dari kisah misteri yang terkandung di dalamnya.

Di mana dengan adanya kisah mistis ini, otomatis menjadikan tempat-tempat tersebut dicap sebagai lokasi yang seram dan mampu membuat bulu kuduk merinding. Penasaran apa saja sih gedung-gedung angker di Indonesia? Berikut rangkuman diantaranya, sebagaimana telah dihimpun Okezone dari berbagai sumber.

Gedung toko merah, Kota Tua 

Salah satu kawasan objek wisata di Jakarta Pusat ini, sejatinya menyimpan cerita sejarah yang sedih sekaligus menyeramkan. Salah satunya adalah gedung bangunan yang berwarna merah, berarsitektur khas Tionghoa. Gedung satu ini menjadi seram, disebutkan karena tempat ini pernah menjadi saksi bisu penyiksaan dan pembantaian orang-orang etnis Tionghoa sebelum akhirnya dijadikan sebuah toko pada 1851 lalu. Di sini, disinyalir kerap terdengan suara rintihan tangisan wanita serta suara derap langkah kaki tegap seperti langkah kaki tentara.

Menara Saidah 

Nah, menara satu ini rasanya memang populer diketahui sebagai salah satu gedung angker di Jakarta. Awalnya, gedung mewah ini dipakai sebagai gedung perkantoran akan tetapi pada 2007, ditutup alias tidak lagi beroperasi. Konon, gedung mewah yang terdiri dari 30 lantai ini harus ditutup karena memiliki bentuk bangunan yang miring dan sering ada penampakan mahluk halus yakni wanita berbaju merah, sampai rumor bahwasanya gedung ini berada di lokasi bekas kuburan.

Rumah Sakit Kayu Aro, Jambi 

Gedung bangunan rumah sakit memang biasanya tidak jauh-jauh dari nuansa mistis. Salah satunya rumah sakit di kawasan Kayu Aro, Otong, Jambi ini. Rumah sakit tempo dulu satu ini, sudah dibangun sejak 1932, namun seiring berjalannya waktu rumah sakit ini tidak terawat, terbengkalai, dan tutup karena tidak digunakan sama sekali. Kabarnya, para warga sekitar rumah sakit menyebutkan bahwa di tempat ini kerap ada penampakan makhlus halus. Saking angkernya, acara horor di salah satu TV swasta pun menjadikan gedung ini sebagai lokasi syuting.

Wisma Tumapel, Malang 

Awalnya, gedung angker satu ini adalah sebuah hotel. Dibangun pada 1928, gedung bekas hotel ini akhirnya berubah fungsi menjadi kantor pemerintahan di zaman Indonesia masih dijajah oleh Jepang mulai 1944, lalu pernah juga digunakan sebagai kampus. Namun karena terbengkalai, akhirnya menjadikan gedung bangunan ini menjadi lokasi yang angker. Saking angkernya, saat masih sore pun sudah tidak disarankan untuk mendatangi gedung ini.

Gedung benteng Van Der Wijck 

Rasanya gedung-gedung peninggalan zaman Belanda memang kebanyakan adalah tempat yang angker. Salah satunya adalah benteng Van Der Wijck di Gombong, Jogja. Di gedung benteng ini, disebutkan terkadang terdengar suara-suara rintihan tangisan di beberapa ruangan tertentu dan suara derap orang sedang berbaris. Hiii......

Gedung kosong Salemba 

Di depan kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Salemba, Jakarta Pusat, ada sebuah gedung kosong. Nah, kabarnya gedung ini dulunya adalah gedung bekas markas PKI atau Partai Komunis Indonesia. Di gedung ini diketahui pernah ada seorang pria yang tewas pada saat peristiwa PKI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini