Keren! London Manfaatkan Ampas Kopi untuk Membuat Bahan Bakar Bus

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 406 1818179 keren-london-manfaatkan-ampas-kopi-untuk-membuat-bahan-bakar-bus-Uqi6kLW1SR.jpg

TEH mungkin menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Inggris. Namun tidak banyak yang tahu bahwa jumlah peminum kopi di negara ini terbilang besar, hingga ampasnya dimanfaatkan untuk bahan bakar transportasi umum seperti bus. 

Dilansir dari The Daily Meal, Selasa (21/11/2017), pemerintah Inggris baru-baru ini telah meluncurkan transportasi baru berbasis biofuel. Bahan bakar tersebut ternyata diolah dari sisa atau ampas kopi yang dikonsumsi oleh penduduk setempat. 

Penggunaan biofuel digadang-gadang dapat mengurangi emisi gas yang disebabkan oleh asap kendaraan. Berdasarkan laporan BBC, penggunaan biofuel sebetulnya telah digunakan pemerintah Inggris sejak beberapa tahun lalu. 

Namun, untuk bahan bakar yang terbuat dari ampas kopi sendiri baru saja dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama bio-bean. Coffee oil diciptakan dengan mencampurkan ampas kopi dengan bensin. 

Berdasarkan pengakuan pihak bio-bean, mereka memasok ampas kopi dari gerai-gerai kopi dan pabrik kopi instan yang ada di kawasan London. 

Mereka mengatakan, dalam kurun waktu setahun, ampas kopi yang dihasilkan oleh warga London bisa mencapai 220.000 ton. Sehingga tidak mengherankan jika para ahli berhasil menemukan inovasi baru dengan memanfaatkan ampas minuman bercita rasa pahit itu. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini